Menteri Pertahanan RI Menyerahkan Produksi Ventilator Indonesia Buatan Anak Negeri Kepada RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Cengkareng dan RS dr. Suyoto

Selasa, 5 Mei 2020

Jakarta – Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto menyerahkan Produksi Ventilator Indonesia (Vent – I) buatan Anak Negeri kepada RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Cengkareng dan RS dr. Suyoto, Selasa (5/5) di Halaman Aula Bhineka Tunggal Ika Kemhan Jakarta.

Wabah Covid-19 telah menjadi pandemi diseluruh dunia termasuk Indonesia dan menurut data gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 per tanggal 4 Mei 2020 kemarin tercatat 11.587 kasus positif Covid-19 diantaranya 1.954 kasus sembuh dari Covid-19 dan 864 kasus meninggal karena Covid-19 yang tersebar di 34 provinsi.

Menteri Pertahanan RI dalam amanatnya menyampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 saat ini ketersediaan alat kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Salah satu alat kesehatan yang amat dibutuhkan bagi pasien Covid-19 dengan masalah pernapasan yaitu Ventilator. Ventilator telah digunakan pada sebagian pasien Covid-19 yang terbilang parah meski mayoritas pasien hanya mengalami gejala ringan.

Virus Corona menginfeksi tubuh dengan masuk ke saluran udara hingga bisa menyebabkan sulit untuk bernapas dan diperkirakan 1 dari 4 pasien Covid-19 memerlukan Ventilator untuk membantu pernapasannya.

Lebih lanjut Menhan menyampaikan kebutuhan ventilator di berbagai fasilitas rumah sakit Indonesia saat ini masih belum terpenuhi secara maksimal. Baru-baru ini ada kabar baik mengenai produksi ventilator baru yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Karena ketersediaan ventilator yang memadai di Indonesia memang sangat dibutuhkan. Dengan tersedianya alat ini maka banyak pasien Covid-19 yang bisa terselamatkan hingga menekan angka kematian yang begitu besar. Oleh karena itu ventilator memiliki peran yang vital dalam penaganan pasien Covid-19.

Menhan juga menyampaikan apresiasi hasil karya buatan anak negeri yang sangat membanggakan yaitu dengan terciptanya Ventilator Indonesia (Vent-I) yang akan sangat membantu dalam upaya penanganan pasien Covid-19. Ventilator ini berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan optimisme dan mengurangi rasa panik bagi para pasien penderita Covid-19. Kedepan para patriot Alumni ITB Bandung akan memproduksi kembali Ventilator Hi Flow yang lebih canggih. Usaha bersama, Kita bersatu, Gerakan semesta untuk menguatkan bangsa.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia