Sekjen Kemhan Terima Bantuan Alkes Dari Beihang UAS China Untuk Atasi Penyebaran Covid-19

Senin, 11 Mei 2020

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., atas nama Kementerian Pertahanan menerima bantuan Alat Kesehatan dari Beihang UAS China, Senin (11/5) di Aula Bhineka Tunggal Ika Kantor Kemhan, Jakarta. Bantuan alat kesehatan ini berupa 200 set APD (Alat Pelindung Diri) berupa jas pelindung tingkat medis, sarung tangan, sepatu pelindung dan pelindung mata.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemhan menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 masih menjadi masalah besar di banyak negara, secara global hingga tanggal 10 Mei 2020 tercatat lebih dari 3,8 juta orang diberbagai negara terinfeksi virus ini. Di Indonesia per tanggal 10 Mei 2020 tercatat 14.032 kasus positif Covid-19, 2698 kasus sembuh dan 973 jiwa meninggal dunia karena Covid-19 yang tersebar di 34 Propinsi.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini ketersediaan Alat kesehatan menjadi hal yang sangat penting, salah satunya adalah ketersediaan APD. Hal ini penting mengingat APD digunakan untuk mengendalikan dan mencegah penularan Covid-19 terutama bagi para tenaga medis yang setiap harinya melakukan penanganan baik terhadap pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, ODP hingga PDP. Dengan masih terus bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia maka kebutuhan akan APD sangat tinggi sementara ketersediaan APD sangat terbatas. Penggunaan APD yang tepat guna dianggap mampu mencegah transmisi virus yang dapat menyebarkan Covid-19. Penggunaan APD yang tepat guna juga diharapkan dapat membantu tetap terjaganya ketersediaan APD selama pandemi Covid-19 ini dan para tenaga medis dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya dengan rasa aman.

Saat menyerahkan bantuan alat kesehatan ini, Ibu Yuna sebagai perwakilan Beihang UAS China di Indonesia menjelaskan bahwa Beihang UAS Technology Co adalah perusahaan yang mendistribusikan UAV dari Beihang Institute. Saat ini, perusahaannya berharap dengan bantuan alat kesehatan ini dapat membantu mengurangi beban yang sedang dihadapi Pemerintah Indonesia dalam memerangi penyebaran Covid-19.

Hadir mendampingi Sekjen Kemhan saat menerima bantuan alat kesehatan dari Beihang UAS China antara lain, Kabaranahan Kemhan Mayjen TNI Budi Prijono, S.T., M.M., Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan Laksma TNI dr. Arie Zakaria, Sp.OT., Karoum Setjen Kemhan Marsma TNI Yusuf Jauhari, M.Eng. dan Karo Humas Setjen Kemhan Kol. Kav Ignatius Eko Djoko P.,S.E.,M.M.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia