Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Ikuti Pertemuan Virtual ADSOM Working Group

Selasa, 12 Mei 2020

Jakarta – Direktur Kerjasama Internasional Pertahanan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan) Brigjen TNI I Putu Eka Asmara Putra didampingi Delegasi Indonesia mengikuti pertemuan secara virtual ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting Working Group (ADSOM WG), Selasa (12/5) di kantor Kemhan.

Pertemuan ADSOM WG digelar secara virtual melalui video conference, karena adanya pandemik Covid-19. Pertemuan tersebut dibuka oleh Senior Lieutenant General Nguyen Chi Vinh, Deputy Defence Minister of Ministry of National Defence of the Socialist Republic of Vietnam selaku Ketua ADSOM dan diikuti Delegasi ADSOM WG dari 10 negara Anggota ASEAN dan delegasi dari Sekretariat ASEAN.

Pertemuan membahas perkembangan sejumlah kerjasama di bidang pertahanan diantaranya kerjasama dalam merespon Covid-19. Selain itu pertemuan juga membahas persiapan pertemuan Virtual ADSOM yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Jum’at tanggal 15 Mei 2020.

Ketua ADSOM, Senior Lieutenant General Nguyen Chi Vinh dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas peran serta seluruh delegasi Virtual ADSOM WG serta mengingatkan kembali tentang kesepakatan para Menhan dalam Joint Statement yang diadopsi pada pertemuan ADMM Retreat tanggal 18 s.d 20 Februari 2020 di Hanoi, Vietnam.

“Dalam Joint Statement tersebut, para Menhan sepakat untuk terus melanjutkan kerjasama ditengah pandemi Covid-19, sehingga ASEAN harus mewujudkan apa yang telah disepakati bersama” jelasnya.

Senior Lieutenant General Nguyen Chi Vinh lebih lanjut menyampaikan terkait Virtual ADSOM yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2020, General Vinh menyebutkan pertemuan bertujuan untuk saling bertukar pengalaman dalam menangani pandemik Covid-19, membahas agenda kerjasama 2020 dan online Covid-19 Table Top Exercise (TTX). Kawasan ASEAN diharapkan akan menjadi kawasan yang mampu mengontrol pandemik Covid-19.

Sementara itu, Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI I Putu Eka Asmara Putra dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Indonesia mendukung inisiatif Vietnam untuk menyelenggarakan online Covid-19 TTX.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia