Kemhan Adakan Seminar Pemeliharaan Alutsista TNI Tahun 2020

Rabu, 12 Agustus 2020

Jakarta – Tiga aspek utama yang menjadi prioritas dalam pemenuhan pembangunan kekuatan pertahanan, adalah Alutsista, Pemeliharaan dan Perawatan (Harwat), serta Organisasi dan Sarana Prasarana. Untuk mencapai pemeliharaan alutsista yang zero accident dibutuhkan kerja bersama dalam pelaksanaan prioritas pembangunan kekuatan pokok TNI tersebut. Demikian dijelaskan Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan (Dirjen Kuathan) Kemhan Marsda TNI N. Ponang Djawoto saat membuka acara Seminar Pemeliharaan Alutsista TNI Tahun 2020, Rabu (12/8) di kantor Kemhan, Jakarta.

Seminar ini diselenggarakan untuk mendapatkan masukan, ide dan solusi yang tepat dari narasumber dan seluruh peserta seminar bagi pemecahan permasalahan dalam pemeliharaan Alutsista TNI. Tema seminar kali ini yaitu Pemeliharaan Alutsista TNI yang Optimal dalam rangka Meningkatkan Kesiapan Operasional TNI dan Mewujudkan Zero Accident.

Dirjen Kuathan mengungkapkan bahwa tema tersebut sangat relevan dengan sasaran pembangunan Postur Pertahanan Negara dan Kekuatan Pokok TNI Tahun 2020-2024 yang memprioritaskan tiga aspek utama pemenuhan pembangunan yang meliputi Alutsista, Pemeliharaan dan Perawatan (Harwat), serta Organisasi dan Sarana Prasarana, dan tetap memperhatikan pemenuhan pembangunan terhadap aspek pendukung yang meliputi pemberdayaan Industri Pertahanan Nasional, profesionalisme prajurit, dan peningkatan kesejahteraan.

Diakhir sambutannya, Dirjen Kuathan Kemhan berharap kepada seluruh peserta seminar dapat berkontribusi aktif dengan memberikan masukan, ide dan solusi yang tepat bagi pemecahan permasalahan dalam pemeliharaan Alutsista TNI sehingga dapat meningkatkan kesiapan operasional TNI dan mewujudkan Zero Accident.

Menghadirkan narasumber yaitu dari Kabengpuspal Puspalad Kolonel Cpl. Oktovianus Oskar E, S.I.P., Paban I Renslog AU Kolonel Tek. I Nyoman Sumantha, Direktur PT. Infoglobal Teknologi Semesta, J. Adi Sasongko, dan dari Wakil Ketua Program Studi International Business Management Universitas Ciputra Surabaya Dr. Timotius F.C.W. Sutrisno, S.T., M.T.

Dalam seminar tersebut Dirjen Kuathan langsung meninjau stand dari GMF Aero Asia bidang perawatan pesawat udara, dari PT. Infoglobal Teknologi Semesta bidang defense Teknologi, dari PT. Nusa Turbin dan Propulsi bidang Petawatan dan Perbaikan pesawat terbang milik TNI AD, AL, AU.

Hadir pada acara tersebut Asisten Khusus Menhan Bidang Rencana Pertahanan, Sesditjen Kuathan Kemhan, Perwakilan Itjen Kemhan, Pejabat dari Kemhan, Mabes TNI, AD, AL, AU, Kemenristek Dikti, Lemhannas, KKIP, Industri Pertahanan, Unhan dan perwakilan Perguruan Tinggi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia