Wamenhan Beri Arahan PT DI Untuk Kemajuan Industri Pertahanan

Jumat, 28 Agustus 2020

Bandung – Wamenhan RI Sakti Wahyu Trenggono, Jumat (28/8), melakukan kunjungan kerja ke Industri Pertahanan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) yang berlokasi di Bandung Jawa Barat.

Kunjungan Wamenhan yang pertama kalinya ke PT DI ini adalah untuk memberi pengarahan demi kemajuan PT DI kedepannya yang dilanjutkan dengan paparan serta diskusi dan tanya jawab.

Dalam arahannya, Wamenhan berharap PT DI dapat melakukan kontribusi secara aktif dalam pemenuhan alutsista TNI serta melakukan perbaikan sarana dan prasarana dalam empat tahun kedepan, setelah berakhirnya Renstra tahun 2024.

Kepada jajaran PT DI, Wamenhan mengingatkan untuk memperkuat atau mensupport industri-industri mikro yang terkait didalamnya guna mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri .

Kepada Wamenhan dalam paparannya, Dirut PT DI Elfien Goentoro menyampaikan kesiapan PT DI untuk memenuhi kebutuhan Kemhan/TNI dalam mewujudkan kemandirian alutsista dalam negeri.

PT DI berharap dapat diberikan kesempatan terhadap pemenuhan Renstra Kemhan RI tahun 2020-2024 yang kemudian bisa dijadikan sebagai landasan dalam membangun kapabilitas PT DI melalui strategic partners untuk memperoleh alih teknologi lebih awal.

PT DI berharap ada optimalisasi implementasi kandungan lokal dan/atau offset sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 dan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2012.

Keberadaan PTDI akan sangat berarti jika setiap produk serta jasa yang dihasilkannya dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh instansi dan lembaga negara di Indonesia termasuk oleh Kemhan/TNI yang selama ini telah menjadi customer terbesar PTDI.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenhan yang didampingi Dirjen Kuathan dan Kabaranahan berkesempatan meninjau fasilitas produksi pesawat terbang, seperti CN235, NC212i dan N219 serta helikopter.

Wamenhan juga menyaksikan beberapa produk yang dihasilkan anak bangsa diantaranya display ground control station PTTA Wulung dan produk hasil konsorsium Kemhan, BPPT, TNI AU, Lapan, PT DI, LEN dan ITB.

Setelah melakukan kunjungan ke PT DI, pada hari yang sama, Wamenhan melanjutkan kunjungan ke PT Pindad.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia