Wamenhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Belarus Bahas Kerjasama Industri Pertahanan

Selasa, 29 September 2020

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) Sakti Wahyu Trenggono menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Republik Belarus untuk Indonesia H.E. Valery Kolesnik, Selasa (29/9) di Rumah Dinas Wamenhan, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara khususnya di bidang pertahanan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan (Karo Humas Setjen Kemhan) Brigjen TNI I. E. Djoko Purwanto, S.E.,M.M mengungkapkan, pertemuan Wamenhan RI dan Dubes Belarus diantaranya membicarakan peluang – peluang yang dapat dikerjasamakan kedua negara khususnya di bidang industri pertahanan.

“Kunjungan ini dalam rangka menindaklajuti kesepakatan kerjasama kedua negara di bidang industri pertahanan”, ungkap Karo Humas Setjen Kemhan.

Lebih lanjut Karo Humas Setjen Kemhan mengatakan, bahwa kesepakatan kerja sama di bidang industri pertahanan antara Indonesia dan Belarus telah diwujudkan melalui pendatanganan dokumen kerjasama Agreement between the Government of the Republic of Indonesia and Government of the Republic of Belarus on Defense Industry Cooperation.

Dokumen kerjasama yang ditandatangani di Jakarta pada tanggal 19 Maret 2013 tersebut juga telah diratifikasi dengan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2019 tanggal 15 Maret 2019 tentang Pengesahan Persetujuan Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Belarus tentang Kerja Sama Industri Pertahanan.

Dejelaskan Karo Humas Setjen Kemhan, kerja sama tersebut meliputi kerja sama alih teknologi, pengembangan dan produksi bersama, pembekalan, pemeliharaan dan perbaikan serta peningkatan kerja sama dalam bidang ilmu dan teknologi pertahanan kedua negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia