Menhan Memeriksa Kesiapan Penyerahan Rantis Maung Produksi PT. Pindad

Kamis, 8 Oktober 2020

Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Kamis (8/10) memeriksa kesiapan kendaraan taktis 4×4 Maung buatan PT. Pindad yang akan diserahkan secara simbolis dari Kementerian Pertahanan kepada Mabes TNI. Kendaraan taktis Maung ini akan digunakan dalam operasi-operasi TNI di seluruh Indonesia. Rencananya penyerahan kendaraan taktis Maung ini akan diserahkan secara simbolis kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya, pada bulan Juli (12/7) di sirkuit Sentul Bogor, Menhan RI telah melakukan uji coba kendaraan taktis ini yang pada saat itu langsung diberi nama Maung oleh Menhan RI. Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose pada saat itu mempresentasikan kendaraan taktis Maung yang ditujukan untuk pasukan infantri.

Kelebihan utama dari Maung adalah mampu menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal. Meskipun begitu, Maung tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik. Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia