Sekjen Kemhan: Pandemi Mendorong Negara Berinovasi Dalam Melaksanakan Program Kerjasama ADMM Plus

Kamis, 19 November 2020

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto,. M.D.S, Kamis (19/11) melaksanakan pertemuan secara virtual dengan para pimpinan ADSOM Plus (ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting Plus ) di kantor Kemhan, Jakarta. Dalam pertemuan ADSOM Plus kali ini, yang menjadi pimpinan rapat adalah Ketua Delegasi Vietnam Gen. Nguyen Chi Vinhfor.

Sekjen Kemhan dalam sambutannya menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan beberapa program ADMM Plus tertunda dan dipindahkan ke tahun mendatang. Keterbatasan yang dihadapi oleh setiap negara ASEAN tahun ini mendorong untuk berinovasi dalam melaksanakan kerangka kerjasama ADMM Plus. ADMM Plus telah berhasil melaksanakan TTX dalam situasi pandemi dan beberapa program lain yang dimaksudkan agar hubungan kerjasama negara-negara yang tergabung dalam ADMM Plus tetap terjaga dengan baik.

Dalam pertemuan kali ini Sekjen Kemhan RI sebagai Ketua Delegasi Indonesia berharap akan menghasilkan pemikiran dan program yang dimaksudkan untuk memelihara dan menjaga komitmen bersama atas perdamaian di kawasan dan pengembangan kerjasama pertahanan berbasis saling menghormati antara negara, integritas dan harmoni.

Sekjen Kemhan dalam pandangan yang disampaikan kepada forum menjelaskan bahwa tantangan bersama negara-negara ASEAN Plus yang membutuhkan kerjasama multilateral dalam menghadapinya, masih tetap sama seperti terorisme, perompakan, penyelundupan manusia, bencana alam dan ancaman biologis. Karena itu, dibutuhkan optimalisasi upaya mekanisme kerjasama yang telah ada seperti pertukaran informasi dan latihan bersama. Sekjen Kemhan juga menekankan perlunya dikembangkan pendekatan dialog untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul di antara negara-negara di Kawasan Asia.

“Keseimbangan dunia adalah faktor perdamaian dan kehidupan yang berkelanjutan, Kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia untuk generasi penerus kita”.

Sekjen Kemhan RI yang dalam pertemuan ADSOM Plus ini didampingi pula oleh perwakilan dari Mabes TNI, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Hukum dan HAM, menyatakan turut prihatin kepada negara-negara yang terdampak Typhoon Goni terutama di wilayah Laut China Selatan dan berharap dapat bersama-sama menghadapi dan menanggulangi pandemi Covid-19. Sekjen Kemhan RI juga mengucapkan selamat kepada Delegasi Amerika Serikat sebagai negara partner Plus atas keberhasilannya menyelenggarakan pemilihan presiden secara damai.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia