Kemhan Kembali Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kelompok K/L Kategori Cukup Informatif

Kamis, 17 Desember 2020

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2020, mendapatkan penghargaan dengan kategori “Cukup Informatif” dalam kelompok Kementerian dan Lembaga. Pada Selasa (15/12) Piagam Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik ini secara resmi diserahkan kepada Biro Humas Setjen Kemhan yang diwakili oleh Kabag Infopubliktaka Kolonel Laut Hadi Prayitno setelah diumumkan pada tanggal 25 November 2020 lalu. Kementerian Pertahanan telah menerima penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori Kementerian ini selama dua tahun berturut-turut sejak tahun 2019.

Tahapan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 dimulai sejak bulan Juli dan berakhir pada bulan November meliputi beberapa penilaian seperti; sosialisasi Monev pada tanggal 13 Juli 2020 yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat melalui Virtual Zoom Metting, pengisian LKE Monev pada tanggal 16 Juli sampai dengan 30 Agustus 2020, paparan berbentuk video pada tanggal 30 Agustus sampai dengan 30 September 2020, dan presentasi/pendalaman materi presentasi pada tanggal 5 Oktober 2020 melalui link virtual.

Komisi Informasi Pusat (KIP) setiap tahunnya melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik, yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengklasifikasian Informasi Publik. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2020 dilaksanakan kepada 348 Badan Publik, sedangkan yang berpartisipasi 291 Badan Publik, yang terdiri dari 7 kategori yaitu Kementerian, Lembaga Non Struktural, Bada Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri dan Partai Politik.

Tanggal 25 November 2020 dilaksanakan Acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 kepada Badan Publik, yang merupakan tahap akhir atas penilaian Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020, dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak K.H. Ma’ruf Amin secara langsung melalui daring. Kegiatan penganugerahan berupa penghargaan atas penilaian yang akan diberikan kepada Badan Publik, dengan menaati protokol kesehatan selama pandemik Covid-19 dan mengumumkan hasil monitoring dan evaluasi sebagai laporan akhir dari bagian pelaksanaan tugas dan fungsi Komisi Informasi Pusat.

Demikian Siaran Pers Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia