Rapim UO Kemhan Tahun 2021 Sebagai Forum Evaluasi dan Penyampaian Kebijakan Pimpinan

Rabu, 27 Januari 2021

Jakarta – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melaksanakan Rapat Pimpinan Unit Organisasi Kemhan tahun 2021 yang dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto M.D.S didampingi Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana S.I.P., M.M., dan Rektor Universitas Pertahanan Laksdya TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR, Rabu (27/1) di Ruang Rapat Urip S, Kemhan, Jakarta. 

Dalam sambutan pembukaannya, Sekjen Kemhan menjelaskan bahwa Rapim UO Kemhan tahun 2021 ini, diharapkan dapat menjadi forum penyampaian evaluasi program dan anggaran UO Kemhan Tahun 2020 serta penyampaian kebijakan pimpinan Tahun 2021. Tema Rapim UO Kemhan tahun ini “Membangun Kinerja Yang Berkarakter Guna Mendukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan Yang Kuat”, dimaksudkan untuk mengajak seluruh pejabat pengambil keputusan di lingkungan Kemhan untuk turut serta dalam membangun kinerja organisasi maupun pegawai agar terus profesional dan berkarakter dalam menjalankan tugas penyelenggaraan pertahanan negara. 

Sekjen Kemhan juga menjelaskan bahwa Kemhan terus meningkatkan program pembangunan SDM pertahanan negara kepada seluruh pegawai dan prajurit TNI guna menciptakan budaya kerja dan meningkatkan profesionalisme serta disiplin kerja, sehingga kinerja Kemhan akan semakin baik.

Beberapa penekanan Sekjen Kemhan kepada para pimpinan satker Kemhan antara lain; menghindari pelaksanaan kegiatan dengan penggunaan anggaran yang akan berakibat timbulnya pemborosan anggaran, dan perlunya terobosan sebagai upaya dalam melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal, dihadapkan pada Pandemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini belum memberikan indikasi segera berakhir. Selanjutnya, Sekjen juga menekankan mengenai upaya menuntaskan berbagai program dan kegiatan yang belum dapat dilaksanakan pada tahun 2020 sebagai dampak dari kebijakan refocusing dan realokasi anggaran.

Sekjen juga mengharapkan pada tahun 2021 seluruh kegiatan program dan anggaran dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan pelaksanaan Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran (RSPP) sesuai dengan ketentuan sehingga pengelolaan perencanaan dan penganggaran yang akan datang menjadi lebih baik.

Dalam Rapim UO Kemhan ini disampaikan pula atensi terhadap kinerja UO Kemhan Tahun 2020 oleh Irjen Kemhan, penyampaian program kerja dan anggaran UO Kemhan Tahun 2021 oleh Karorenku Setjen Kemhan Brigjen TNI Amad Sugiyono, S.E.,M.M., serta penyampaian tentang peningkatan kinerja dan tata kelola manajemen di Kemhan oleh Karo Ortala Setjen Kemhan Brigjen TNI Antonius Bambang Budi Wibowo. Ditkes Ditjen Kuathan Laksma TNI Dr. Arie Zakaria, Sp.OT, Sp.KL juga memberikan paparan mengenai situasi terkini pandemi Covid-19 dan langkah-langkah yang telah diambil oleh Kementerian Pertahanan. 

Narasumber yang menjadi pembicara dalam Rapim UO Kemhan kali ini adalah dari Dirjen Anggaran bidang Polhukam dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara Kementerian Keuangan Dr Dwi Pujiastuti Handayani, M.Si., yang dilaksanakan secara video conference, membahas tentang implementasi 5 (lima) instruksi Presiden mengenai vaksin covid-19 100% gratis kepada masyarakat.

Selanjutnya, dalam Rapim UO Kemhan ini dilaksanakan penyerahan PPPA UO Kemhan Tahun 2021 dan secara berjenjang Perjanjian Kinerja (PK) dari Eselon IV ke Eselon III, Eselon III ke Eselon II, Eselon II ke Eselon I, dan Eselon I kepada Sekjen Kemhan. Penyerahan dan penerimaan PPPA serta Perjanjian Kinerja (PK) tersebut, dilaksanakan secara simbolis dari perwakilan Satker Kemhan. Hadir sebagai peserta dalam Rapim UO Kemhan ini Pejabag Eselon I dan II di lingkungan Kemhan, Pejabat Mabes TNI/Angkatan, dan Pejabat KKIP.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia