Irjen Kemhan Pimpin Rapat Konsolidasi Penyusunan LK Kemhan/TNI TA 2020

Selasa, 23 Februari 2021

Jakarta – Laporan keuangan harus disusun dengan teliti, mengingat konsolidasi laporan keuangan tingkat Unit Organisasi (UO) harus selalu direkonsiliasi dan dikoordinasikan, agar dapat meraih kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Demikian dikatakan Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., dalam sambutannya saat memimpin Rapat Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Kemhan/TNI Tahun 2020, di Kemhan, Jakarta, Selasa (23/2).

Kemhan mendapat alokasi anggaran terbesar dari seluruh kementerian/lembaga, sehingga sangat mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah pusat. Diraihnya kembali opini WTP atas laporan keuangan Kemhan tahun anggaran 2020, dapat menjadi indikasi meningkatnya kinerja Kemhan dan TNI” kata Irjen.

Penyusunan laporan keuangan Kemhan tahun 2020, lebih lanjut Irjen Kemhan menjelaskan, dipengaruhi oleh beberapa hal yakni, tindak lanjut penyelesaian hasil pemeriksaan BPK RI atas LK Kemhan tahun 2019, kebijakan penanganan pandemi Covid-19, satker dalam merancang strategi dan rencana aksi penyelesaian temuan BPK RI dan peran aktif masing-masing dalam mengawasi proses penyusunan LK tahun 2020.

Selain memberikan penjelasan saat sambutan, dalam rapat konsolidasi yang diikuti oleh pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan dan perwakilan dari Mabes TNI dan Angkatan ini, Irjen Kemhan juga memberikan beberapa penekanan antara lain, memanfaatkan waktu yang ada selama tiga bulan ini untuk bersama tim reviu memperbaiki kelemahan maupun kekurangan laporan keuangan Kemhan agar kembali memperoleh opini WTP.

Kemudian hal lainnya Puslapbinkuhan agar segera membentuk tim konsolidasi penyusunan laporan keuangan dengan melibatkan Pusat BMN, Badan Logistik masing-masing UO, Badan Keuangan masing-masing UO, dan selanjutnya melaksanakan koordinasi dengan jajaran Kementerian Keuangan, secara berjenjang untuk memperoleh solusi penyelesaian masalah serta berkonsolidasi dengan BPK RI. Dan kepada Ir II, Ir IV, bersama Irku TNI dan Angkatan, Irjen Kemhan menginstruksikan agar segera mengakselerasi proses penyusunan laporan keuangan tahun 2020 untuk masing-masing UO.

Pedomani peraturan yang berlaku dan laporan kondisi aktual pada para Irjen masing-masing, apabila ditemukan permasalahan yang menonjol” tegas Irjen Kemhan di akhir penegasannya. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia