Rakornis Ditjen Kuathan Untuk Tingkatkan Sinergitas Penyelenggaraan Pertahanan Negara

Kamis, 25 Februari 2021

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Kuathan Kemhan), menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tahun 2021 untuk dapat mensinkronkan serta meningkatkan sinergitas dalam mendukung penyelenggaraan pertahanan negara.

“Rakornis ini diharapkan dapat menjadi wahana saling mensinkronkan langkah nyata ke depan dan meningkatkan sinergitas dalam hal penyelenggaraan pertahanan negara, utamanya dalam mencapai sasaran strategis pertahanan negara 2020-2024, khususnya yang menjadi tugas dan fungsi Ditjen Kuathan Kemhan”, ujar Dirjen Kuathan Kemhan Marsekal Muda TNI N. Ponang Djawoto dalam sambutannya saat membuka Rakornis.

Sejalan dengan tema Rapim Kemhan Tahun dan Rapim UO Kemhan Tahun 2021, Rakornis Ditjen Kuathan mengusung tema, “Optimalisasi Peran Ditjen Kuathan Kemhan Berbasis Kinerja yang Berkarakter Guna Mendukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan yang Kuat”.

Lebih jauh Dirjen Kuathan mengatakan, tema tersebut searah dengan agenda pemerintah pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 – 2024 yang merupakan bagian dari agenda pembangunan Lima Tahunan Terakhir dalam kerangka Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005 – 2025.

Dimana salah satu agenda tersebut, terfokus pada pemenuhan kekuatan pokok TNI 100% yang berdasarkan grand design organisasi TNI yang profesional, adaptif dan modern guna mewujudkan kemandirian pertahanan dan keamanan yang kuat.

Pada rakornis yang diselenggarakan secara tatap muka dan video conference, mengetengahkan sejumlah materi, antara lain, hal-hal yang menonjol terkait dengan tugas dan fungsi Ditjen Kuathan Kemhan tahun 2020 dan penekanan prioritas Progja TA. 2021 yang disampaikan Sesditjen Kuathan Brigjen TNI Abdul Rahman Made, S. IP., M.Si. Dilanjutkan dengan paparan Kebijakan Strategis Pertahanan Negara Renstra 2020-2024 oleh Dirjakstra Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Untung Purwadi, S.E., M.SI.

Di akhir sambutannya saat menutup Rakornis, Dirjen Kuathan memberikan sejumlah penekanan kepada para peserta rakornis, antara lain, hasil Rakornis ini hendaknya menjadi pedoman bagi segenap pemangku kepentingan terkait, agar tidak keluar dari sasaran kebijakan yang telah ditetapkan. Kemudian lakukan koordinasi, komunikasi dan sinkronisasi kerjasama dengan pihak-pihak terkait, sesuai bidang masing-masing agar tercipta sinergi dalam pelaksanaan tugas dan program kerja yang direncanakan. Dan tidak lupa untuk melaksanakan tertib administrasi sebagai koridor landasan akuntabilitas dalam rangka pelaksanaan tugas dan program kerja yang telah digariskan.

Rakornis sehari ini diselenggarakan secara tatap muka dan video conference. Hadir dalam kesempatan tatap muka selain pejabat eselon I dan II dilingkungan Kemhan, Staf Ahli dan KKIP, juga dihadiri Waaspers Panglima TNI, Waaslog Panglima TNI, Waaskomlek Panglima TNI, Waaspers Kasad Bid Binpres, Waaslog Kasad Bid Bekpalkes, Waasrena Kasal, Waasops dan Waaslog Kasal serta sejumlah pejabat terkait di lingkungan Mabes TNI AU.

Sedangkan hadir sebagai peserta vicon (daring) selain pejabat terkait di lingkungan Kemhan juga diikuti oleh Kepala Rumah Sakit di lingkungan Kemhan/TNI. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia