Direktorat SDM Ditjen Kuathan Kemhan Selenggarakan Rakernis Tahun 2021

Kamis, 4 Maret 2021

Jakarta – Kebijakan bidang sumber daya manusia sebagai bagian kekuatan pertahanan negara kedepan, diarahkan untuk tetap melanjutkan program-program tahun sebelumnya. Hal ini sesuai dengan tuntutan reformasi birokrasi dan arah kebijakan pertahanan negara tahun 2021 dengan melanjutkan Pembangunan Postur TNI.

Melalui pemenuhan kebutuhan pokok, diharapkan terbentuk kekuatan penangkal yang efektif dengan menerapkan prinsip kebijakan right sizing dan proportional growth yang disesuaikan dengan pengembangan Satuan TNI. Demikian harapan Dirjen Kuathan Kemhan Marsda TNI N. Ponang Djawoto dalam sambutannya saat membuka Rakernis Direktorat SDM Ditjen Kuathan Kemhan, Kamis (4/3), di Kemhan Jakarta.

Dalam rangka pengembangan Personel TNI, lanjut Dirjen Kuathan, Dit. SDM Ditjen Kuathan berupaya mewujudkannya dengan peningkatan kinerja SDM komponen utama yang kompeten dan berintegritas. Peningkatan kinerja dilakukan melalui penataan kekuatan dan komposisi personel, penerimaan Prajurit TNI, pembinaan karier, penempatan prajurit, pengembangan pendidikan, dan perawatan personel dan pengakhiran prajurit secara terpadu.

Selaras dengan tugas pokok tersebut, tema Rakernis kali ini diarahkan untuk mewujudkan, “Optimalisasi Kinerja SDM Komponen Utama yang Kompeten dan Berintegritas guna Mendukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan yang Kuat”.

Dirjen Kuathan berharap melalui rakernis Dit. SDM ini diperoleh masukan yang inovatif dari peserta yang hadir secara langsung maupun virtual dari berbagai satuan kerja di lingkungan Kemhan, Mabes TNI dan angkatan seperti dari Spers TNI/Angkatan, Srenum TNI, Ditmil Akademi TNI, Dirdik Kodiklat TNI, Babinkum TNI, Disminpers Angkatan dan Diskum Angkatan.

Turut hadir sebagai nara sumber yang memberikan pandangannya diantaranya Kasi Harmonisasi Penganggaran Remunerasi III Dit. Harmonisasi Peraturan Penganggaran Ditjen Anggaran Kemenkeu Mujono Basuki, yang memaparkan tentang Perbaikan Kesejahteraan Prajurit TNI Melalui Upaya Perbaikan Tunjangan Pengabdian dan Tunjangan Fungsional.

Pemapar selanjutnya yaitu Asisten Deputy Manajemen Karir dan Talenta Sumber Daya Aparatur Kemen PAN-RB Iqbal Saffariz Santosa, yang mengangkat tentang Strategi Nasional Pembangunan SDM. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia