Rakernis Kesehatan Ditkes Ditjen Kuathan Kemhan TA. 2021

Senin, 8 Maret 2021

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Kuathan Kemhan) melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Kesehatan TA. 2021 yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Kuathan Kemhan Marsda TNI N. Ponang Djawoto didampingi Direktur Kesehatan Ditjen Kuathan Kemhan Laksma TNI dr. Arie Zakaria, SpOT, FICS., Senin (8/3), di Kemhan Jakarta. Kegiatan Rakernis kesehatan merupakan tindak lanjut Rakornis Ditjen Kuathan Kemhan T.A. 202. Sejalan dengan tema Rakornis Ditjen Kuathan Kemhan TA. 2021, Rakernis Kesehatan mengusung tema, “Optimalisasi Peran Direktorat Kesehatan Ditjen Kuathan Kemhan guna Mendukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan yang Kuat”.

Dalam sambutannya Dirjen Kuathan mengungkapkan, bahwa tema tersebut sangat relevan dihadapkan dengan kebijakan pembinaan kesehatan TNI saat ini, dimana masih banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh komunitas kesehatan diantaranya Global Healty Security Agenda (GHSA) dengan Biothreat, Biosafety dan Biosecurity. “Rakernis ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dan dukungan kesehatan serta tercapainya kesejahteraan prajurit, PNS Kemhan dan keluarga serta purnawirawan secara optimal”, ujar Dirjen Kuathan.

Dirjen Kuathan juga memberikan sejumlah penekanan kepada para peserta rakornis, antara lain; untuk melaksanakan optimalisasi kegiatan yang terkait dengan penanganan dan penanggulangan Pandemi Covid-19, meningkatkan koordinasi sinergitas dengan Kementerian dan Lembaga terkait Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan serta antar personel kesehatan baik di tingkat pusat maupun daerah, meningkatkan upaya pembinaan terhadap seluruh Faskes Kemhan dan TNI dalam rangka pelaksanaan BLU, serta meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme di bidang kesehatan melalui seminar/webinar/workshop.

Rakernis Kesehatan ini diselenggarakan secara tatap muka dan video conference. Peserta Rakernis yang hadir secara tatap muka antara lain; pejabat eselon I dan II dilingkungan Kemhan, Kepala RSPAD Gatot Subroto, Para Narasumber dari Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Ditjen P2P Kemenkes, Dirut BPJS Kesehatan, Ditjen Perbendaharaan Kemkeu Dit PPK BLU, Kapuskes masing-masing angkatan serta para peserta Rakernis Ditkes Ditjen Kuathan Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia