Dirjen Kuathan Kemhan: Rakernis Bid. Materiil Untuk Sosialisasi dan Sinergitas Program Ditmat TA 2021

Selasa, 9 Maret 2021

Jakarta – Dirjen Kuathan Kemhan Marsda TNI. N Ponang Djawoto, Selasa (9/3), membuka Rakernis Bidang Materiil Direktorat Material Kuathan Kemhan TA 2021 di Aula Panca Prasetya Korpri, Gedung D.I. Panjaitan, Kemhan, Jakarta. Rakernis Bidang Material yang dilaksanakan secara tatap muka dan virtual dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan ini mengangkat tema “Optimalisasi Pembinaan Materiil Guna Mendukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan yang Kuat”.

Dalam amanat Dirjen Kuathan Kemhan menjelaskan bahwa Rakernis Bidang Materiil TA. 2021 dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari hasil Rakornis Ditjen Kuathan Kemhan TA. 2021, yang bertujuan untuk mensosialisasikan program-program Ditmat dan potensi permasalahan yang dihadapi sehingga dapat dikoordinasikan serta disinergikan dalam penyelesaiannya.

Para peserta diharapkan dapat membawa informasi yang diperoleh dari hasil Rakernis Bidang Materiil TA. 2021 untuk menjadi pembahasan di satuan masing-masing, guna menghasilkan konsep ataupun solusi untuk mewujudkan pengembangan kekuatan pertahanan yang tangguh dan dinamis khususnya di Bidang Materiil”, jelas Dirjen Kuathan Kemhan dalam sambutannya.

Dirjen Kuathan Kemhan juga menekankan, di tengah permasalahan Pandemi Covid-19 saat ini dan perkembangan lingkungan strategis nasional yang sangat dinamis, telah berdampak terhadap kekuatan pertahanan negara khususnya bidang materiil, yaitu dalam pemenuhan kebutuhan Alpalhankam TNI, sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi melalui penyesuaian kebijakan bidang materiil, yang diharapkan dapat mendukung situasi saat ini.

Pemenuhan kebutuhan Alpalhankam TNI diperlukan dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional Alutsista TNI, secara berkelanjutan melalui optimalisasi fungsi pembinaan materiil dalam upaya membangun kemandirian pertahanan negara yang kuat, serta mampu menangkal segala bentuk ancaman. Untuk itu diperlukan peran serta dan sinergitas, antara perumus dan pelaksana kebijakan serta unsur terkait lainnya, dalam pelaksanaan fungsi pembinaan materiil.

Keberhasilan pembinaan materiil ditentukan dari langkah awal proses perencanaan kebutuhan yang ditindaklanjuti dengan baik diantaranya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan disertai dukungan pemeliharaan yang mampu meningkatkan kesiapan operasional Alutsista TNI. Oleh karena itu dalam Rakernis Bidang Materiil TA. 2021 disampaikan hal-hal terkait Perencanaan Kebutuhan Materiil, Penelitian dan Pengembangan Materiil dan Pemeliharaan Materiil.

Dalam Rakernis Bidang Material Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan TA 2021 yang diikuti oleh pejabat Eselon III di lingkungan Ditjen Kuathan serta perwakilan Mabes TNI dan Mabes Angkatan ini disampaikan refleksi tahun 2020 dan proyeksi tahun 2021 serta hal menonjol di bidang Materiil Kekuatan Pertahanan oleh Dirmat Ditjen Kuathan Kemhan Brigjen TNI Heru Sudarminto, S.IP., M.Sc., dan paparan oleh Kasubdit Sismet Ditmat, Koharmatau, dan Kasubdit Renbutmat Ditmat. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia