Bainstrahan Kemhan Berkunjung ke Kohanudnas : Membangun Jaring Komunikasi Dalam Rangka Menghadapi Ancaman di Masa Depan

Senin, 15 Maret 2021

Jakarta – Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kabainstrahan Kemhan) Mayjen TNI Yulius Selvanus melakukan kunjungan ke Markas Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas).

Kunjungan ini merupakan langkah awal implementasi dari Pusinfostrahan Bainstrahan Kemhan dengan Kohanudnas dalam wujud saling mendukung tugas dan fungsi sama lain dalam mendorong kepentingan pertahanan negara Indonesia dalam menghadapi kerentanan ancaman dan tantangan di masa depan.

Kunjungan Kabainstrahan Kemhan diterima langsung oleh Panglima Kohanudnas Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., dan jajarannya, Senin (15/3) di Markas Kohanudnas, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Kabainstrahan Kemhan menyampaikan, kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Bainstrahan Kemhan melalui Pusinfostrahan Bainstrahan Kemhan dalam membangun jaringan komunikasi dengan beberapa instansi dan lembaga pemerintah dan TNI dalam upaya pengumpulan informasi data yang akurat dan cepat.

Hal ini sudah sesuai dengan kebijakan umum pertahanan negara tahun 2020-2024 pada konteks mengoptimalkan pendayagunaan sumber – sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan negara termasuk sinergitas antar kementerian dan lembaga.

Bainstrahan Kemhan memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis dimana secara umum salah satunya adalah mengamati, memahami dan mempelajari segala dinamika lingkungan strategis geopolitik dan keamanan baik yang terjadi di tataran nasional, regional maupun global.

Sementara itu, Pangkohanudnas menyampaikan menyambut baik kunjungan Bainstrahan Kemhan ke Kohanudnas sebagai sebuah kesempatan yang sangat penting untuk memaparkan bagaimana tugas dan berbagai hal yang terkait dengan Kohanudnas.

Dijelaskannya bahwa, pertahanan udara penting dalam konteks perang modern pada saat ini, karena tidak ada sebuah perang saat ini dimana pun bisa dilakukan manakala tidak menguasai ruang udara.

Karena sangat pentingnya keunggulan udara dalam menjaga kedaulatan NKRI, untuk itu lebih lanjut, Pangkohanudnas berharap adanya dukungan dari Kemhan dalam rangka tercapainya pelaksanaan tugas – tugas pokok Kohanudnas.

Turut serta hadir mendampingi Kabainstrahan dalam kunjungannya Kohanudnas antara lain, Kapuhansiber Bainstrahan Kemhan Brigjen TNI Sarwono, S.I.P., dan Kapusinfostrahan Bainstrahan Kemhan Brigjen TNI I.E. Djoko Purwanto, S.E., M.M. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia