Kemhan Targetkan 5.927 Pegawai Pada Tahap Kedua Vaksinasi Covid-19

Senin, 22 Maret 2021

SIARAN PERS
BIRO HUMAS SETJEN KEMHAN RI

Jakarta, 22 Maret 2021,
Nomor : SP/ 06 / III / 2021/ROHUMAS

Kemhan Targetkan 5.927 Pegawai Pada Tahap Kedua Vaksinasi Covid-19

Jakarta – Setelah melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada dua minggu sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) melaksanakan pemberian Vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk seluruh Pegawai di lingkungan Kemhan, yang dimulai pada 22 sampai dengan 31 Maret 2021.

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap kedua tersebut dilaksanakan di dua lokasi yakni di Gedung Urip Soemoharjo Kemhan dengan target sebanyak 5028 orang, dan di Rumah Sakit dr. Suyoto Pusrehab Kemhan, Bintaro, Jakarta Selatan, dengan target 899 orang. Sehingga, secara keseluruhan sebanyak 5.927 orang Pegawai Kemhan menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan, M.D.S., dan Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana bersama pejabat Eselon I, II dan III Kemhan, mendapatkan kesempatan pada hari pertama Vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Senin (22/3) di kantor Kemhan, Jakarta. Pada hari pertama tersebut, total pejabat Eselon I, II dan III yang menerima Vaksinasi Covid-19 dengan target berjumlah 812 orang.

Seperti halnya pada tahap pertama, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dibagi dalam 5 tahapan yang dimulai dari pengisian data, regristrasi, screening, vaksinasi dan observasi.

Tahap screening dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini dalam pemenuhan syarat pemberian vaksin. Sedangkan pada tahap vaksinasi, melibatkan 8 tenaga kesehatan dalam satu shift tim. Dan pada tahap observasi, penerima vaksin diharapkan duduk diam selama 30 menit, untuk diobservasi oleh tim pengawas atas efek samping vaksin yang mungkin dialami.

Pelaksanan Vaksinasi Covid-19 bagi Pegawai Kemhan ini merupakan bagian dari program pemerintah, yakni pencanangan vaksinasi serentak 10 Kementerian/Lembaga. Vaksinasi Covid-19 ini merupakan bagian dari Program Vaksinasi Nasional Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dan pada vaksinasi kedua ini, sama pada saat tahap pertama, melibatkan 92 orang tenaga kesehatan yang dibagi dalam 7 tim.

Sementara itu untuk pelaksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di RS. dr. Suyoto Pusrehab Kemhan, selain pelayanan vaksinasi untuk pegawai Kemhan, juga menfasilitasi pelayanan vaksinasi untuk kelompok lansia di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S., mengatakan, tujuan vaksinasi ini adalah untuk membentuk Herd Immunity (kekebalan kelompok), untuk itu diharapkan partisipasi seluruh masyarakat termasuk personel TNI dan PNS Kemhan termasuk keluarganya. Terkecuali, memang mereka yang memiliki komorbid, untuk sementara ditunda dulu vaksinasinya.

“Efektivitas vaksin ini adalah 14 hari sesudah suntikan tahap kedua. Sehingga, sesudah menerima vaksinasi apalagi baru suntikan vaksinasi pertama, tetap harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan 5 M (Memakai Masker, Menjaga jarak lebih dari 2 meter, Mencuci tangan, Menghindari kerumanan dan Membatasi mobilitas dan interaksi)”, jelas Kapusrehab Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia