Mahasiswa S3 Unhan Lakukan Study Visit ke Kohanudnas

Sabtu, 27 Maret 2021

Jakarta – Mengawali kegiatan dengan swab antigen, Mahasiswa S3 Cohort-3 Universitas Pertahanan melaksanakan study visit ke Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), Sabtu (27/3) di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kegiatan tersebut, dipimpin langsung Rektor Unhan Laksdya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR,.

Setibanya di Kohanudnas, Rektor Unhan dan para mahasiswa diterima oleh Panglima Kohanudnas Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., yang juga didampingi beberapa pejabat di jajaran Kohanudnas.

Dalam sambutannya, Rektor Unhan menyampaikan bahwa program study visit ini merupakan rangkaian kegiatan yang diberikan kepada Mahasiswa S3, untuk mengunjungi beberapa Kotama di lingkungan TNI.

“Kunjungan ke Kohanudnas menjadi kesempatan yang baik bagi Mahasiswa S3 Unhan, untuk mengenal sejauh mana tugas dan tanggung jawab Kohanudnas, karena tujuannya memang salah satunya agar para mahasiswa dapat mempelajari sistem pertahanan negara, dimana sistem pertahanan udara ini menjadi sub sistem dari pertahanan negara”, ungkap Rektor Unhan.

Lebih jauh Rektor Unhan menjelaskan, bahwa Mahasiswa Unhan mempelajari skala makro sistem pertahanan negara, selain itu para mahasiswa Unhan juga mendapatkan beberapa program studi yang memfokuskan kepada sistem pertahanan udara.

Sementara itu, Pangkohanudnas menyampaikan rasa bangga dapat menerima kunjungan para Mahasiswa S3 Unhan.

Kunjungan ini menurut Pangkohanudnas, merupakan kesempatan yang baik bagi pihaknya untuk mengenalkan bagaimana peran dan tantangan yang dihadapi Komando Pertahanan Udara Nasional dalam menjaga kedaulatan negara, khususnya wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diawali olah raga senam dan jalan bersama, dalam study visit ini Mahasiswa S3 Unhan berkesempatan meninjau Pusat Operasi Komando Pertahanan Udara Nasional (Popunas), menerima paparan Pangkohanudnas dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Study visit Mahasiswa S3 Unhan ini diikuti 24 Mahasiswa. Selain kunjungan ke Kohanudnas, para Mahasiswa juga berkesempatan melakukan kunjungan ke Skadron 2 di Kawasan Halim Perdanakusuma. Kegiatan study visit tersebut diawali dengan olah raga senam aerobic bersama yang dilakanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan didahului dengan swab test antigen. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia