Ketua DWP Kemhan dan Pengurus Mengikuti Kongres Berkebaya Nasional 2021 Secara Daring

Senin, 5 April 2021

Jakarta – Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertahanan dipimpin Ketua DWP Kemhan Ibu Yayuk Donny Ermawan Taufanto, Senin (5/4), mengikuti Kongres Berkebaya Nasional 2021 secara daring di Aula Urip Sumohardjo Kemhan, Jakarta, yang diadakan oleh Perempuan Berkebaya Indonesia. Kongres secara daring yang berlangsung selama 2 hari, tanggal 5 dan 6 April 2021 ini mengangkat lima topik webinar yaitu; aspek politik, ekonomi, sosial budaya, dan psikologi.

Ketua Panitia Kongres Berkebaya Nasional Lana T. Koentjoro menjelaskan bahwa webinar ini dilaksanakan dengan harapan hasilnya dapat menjadi masukan bagi pemerintah untuk menetapkan Hari Berkebaya Nasional sebagai salah satu solusi mempopulerkan kebaya, sehingga dapat menjadi pakaian sehari-hari perempuan Indonesia. Webinar ini juga diharapkan dapat menjadi suatu langkah maju untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu heritage/kekayaan tak benda Indonesia, atau kebaya sebagai salah satu khasanah kekayaan budaya Indonesia, seperti halnya batik, keris dan wayang.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk mencapai tujuan kongres ini, Perkumpulan Perempuan Berkebaya Indonesia beserta berbagai komunitas pendukung kongres ini tidak dapat berjalan sendiri. Dibutuhkan peran serta seluruh perempuan Indonesia untuk ambil bagian dan berpartisipasi dalam kongres ini. Webinar ini juga diharapkan memberikan manfaat dan nilai tambah bagi para perempuan Indonesia pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pada sesi pertama Webinar Kongres Berkebaya Nasional 2021 ini menghadirkan Pembicara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, anggota WaTimPres Putri Kuswisnu Wardani, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, & Prestasi Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan designer/budayawan Sir Dr. Harry Darsono, PhD. Hadir pada sesi selanjutnya

Sebelumnya, pada silaturahmi Pengurus dan Anggota DWP Kemhan dengan Ketua dan Penasihat DWP Kemhan tanggal 10 Maret 2021 lalu, seluruh pengurus dan anggota DWP Kemhan juga telah mendapatkan paparan mengenai mencintai Indonesia dengan kebaya oleh ibu Rahmi Hidayati dari perkumpulan Perempuan Berkebaya Indonesia. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia