Kemhan RI Ikuti Pertemuan ke-14 ASEAN Defence Ministers’ Meeting Plus Experts’ Working Group on Peacekeeping Operation

Selasa, 6 April 2021

Jakarta – Direktur Kerjasama Internasional Pertahanan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI J. Binsar PS, S.E., M.Han., mengikuti pertemuan ke-14 ASEAN Defence Ministers’ Meeting Plus Experts’ Working Group on Peacekeeping Operation, Cycle 2021-2023 yang berlangsung secara virtual selama dua hari yaitu tanggal 6 dan 7 April 2021, di ruang Our Eyes Command Centre Gedung A.H. Nasution lt 14, Kemhan, Jakarta. Pertemuan secara virtual ini dibuka oleh Tuan Rumah Ketua Delegasi Vietnam dengan co-chair Delegasi Jepang yang memaparkan pandangan kedua negara terhadap keterlibatan dalam upaya Peacekeeping Operation.

Pertemuan ke-14 ADMM Plus EWG on Peacekeeping Operation kali ini menggarisbawahi tentang Persamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dalam Operasi Penjagaan Perdamaian PBB. Selain Vietnam yang menjadi tuan rumah dalam pertemuan ini, hadir dan turut memaparkan pengalaman serta pandangan mengenai tema pertemuan kali ini beberapa negara anggota antara lain; Kamboja, India, Malaysia, China, Indonesia, Australia, Jepang, New Zealand, dan perwakilan dari PBB.

Pertemuan yang dilaksanakan secara virtual ini merupakan rangkaian pertemuan The 14th ASEAN Defence Ministers’ Meeting Plus Experts’ Working Group on Maritime Security (EWG on MS) yang dilaksanakan pada 31 Maret lalu.

Sementara itu, Delegasi Indonesia dan Delegasi Australia yang menjadi co-chair dalam periode sebelumnya 2017-2020 memaparkan mengenai pelaksanaan kegiatan Peacekeeping Operation Field Training Exercise (FTX) serta manfaat yang didapat dari kegiatan ADMM plus dalam bidang kerjasama Peacekeeping Operation yang dilaksanakan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia