Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Hadiri Pertemuan ADSOM-Plus WG Secara Virtual

Rabu, 7 April 2021

Jakarta – Direktur Kerjasama Internasional Pertahanan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan RI) Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar, menghadiri pertemuan ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting – Plus Working Group (ADSOM-Plus WG), Rabu (7/4) di Kemhan, Jakarta.

Pertemuan yang dilaksanakan secara virtual melalui video conference tersebut juga dihadiri delegasi dari sepuluh negara Anggota ASEAN dan negara – negara mitra wicara yakni Amerika Serikat, Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia dan Selandia Baru.

Pertemuan dibuka dan dipimpin oleh Deputy Permanent Secretary (Policy and Strategy) at the Ministry of Defence Brunei Darussalam Haji Adi Ihram bin Dato Paduka Haji Mahmud selaku Ketua ADSOM-Plus WG.

ADSOM-Plus WG membahas perkembangan tujuh area bidang kerjasama dibawah ADMM-Plus Experts’ Working Group (EWG) meliputi; Humanitarian Assistance and Disaster Relief, Maritime Security, Military Medicine, Counter-Terrorism, Peacekeeping Operations, Humanitarian Mine Action dan Cyber Security.

ADSOM-Plus WG dilaksanakan sebagai pendahuluan dari ADSOM-Plus yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8 April 2021, dimana pertemuan ADSOM-Plus bertujuan untuk mempersiapkan pertemuan ADMM-Plus setingkat Menhan yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021.

Pertemuan ADMM-Plus pertama kali didirikan pada tahun 2010 dan berfungsi sebagai platform bagi ASEAN dan delapan mitra wicara untuk mempromosikan rasa saling percaya dan percaya diri serta meningkatkan perdamaian, stabilitas, dan keamanan kawasan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia