Kemhan Selenggarakan Rapat Pra Tripartit Laporan Keuangan Kemhan TA. 2020

Kamis, 15 April 2021

Jakarta – Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Puslapbinkuhan Kemhan) menyelenggarakan Rapat Rekonsiliasi Pra Tripartit Laporan Keuangan Kemhan TA. 2020, Kamis (15/4) di Kemhan, Jakarta.

Rapat dibuka oleh Kapuslapbinkuhan Kemhan Laksma TNI Agus Supriadi, S.Sos., dan dihadiri Kepala Auditor 1A Hendra Gunawan, Inspektur II Itjen Kemhan Laksma TNI Yos Sumiarsa, S.E., M.Si., Inspektur IV Itjen Kemhan Brigjen TNI Yos Triyoso dan Kapus BMN Baranahan Kemhan Marsma TNI Agus Ismanto, S.E., M.A.P.

Rapat Rekonsiliasi tersebut diikuti para Auditor dari BPK RI dan Itjen Kemhan/TNI, para Kabag dan Kabid di jajaran Kemhan, pajabat Logistik dan Akuntansi Unit Organisasi di Satuan Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan.

Rapat ini diselenggarakan dalam rangka penyusunan Laporan Kemhan Tahun Anggaran 2020. “Rapat Tripartit yang dilaksanakan pada hari ini adalah rapat koordinasi antara BPK RI, Kemenkeu dan Kemhan dalam rangka mendapatkan kesepakatan bersama atas koreksi penyajian data yang terdapat pada Laporan Keuangan Kemhan TA. 2020 Unaudited”, ungkap Kapuslapbinkuhan Kemhan.

Sesuai dengan tujuannya, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh data final yang disepakati dan digunakan sebagai bahan Tripartit pada tanggal 21 April 2021 yang dilaksanakan oleh Kemenkeu.

Kapuslapbinkuhan Kemhan lebih lanjut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim BPK atas koreksi – koreksinya dan juga Tim Kemenkeu yang telah memberikan pendampingan kepada Kemhan/TNI selama ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Tim Penyusunan Laporan Kemhan TA 2020. Diharapkan, Laporan Keuangan Kemhan TA. 2020 mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sementara itu, Kepala Auditor 1A BPK RI menyampaikan pentingnya kegiatan rapat Rekonsiliasi ini dalam rangka proses pemeriksaan oleh BPK dan penyusunan laporan keuangan Kemhan dan TNI, yang mana memerlukan pembahasan tiga pihak yaitu antara BPK RI, Kemenkeu dan Kemhan/TNI.

Menurutnya, Pra Tripartit merupakan kegiatan yang penting karena ada kekhasan di Kemhan/TNI, dimana Laporan Keuangan itu hanya satu dikonsultasikan kedalam Laporan Keuangan Kemhan yang didalamnya ada lima Unit Organisasi yaitu Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AU dan TNI AL. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia