Memperingati Hari Lahir Pancasila, Unhan RI Menyelenggarakan Webinar Bertemakan “Api Semangat Pancasila Dalam Bela Negara”

Selasa, 1 Juni 2021

Sentul– Memperingati Hari Lahir Pancasila, Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) menyelenggarakan webinar bertemakan “Api Semangat Pancasila Dalam Bela Negara”, diikuti 300 peserta secara online dan offline di Auditorium Sentul, Selasa (1/5).

300 peserta yang mengikuti webinar memperingati Hari Lahir Pancasila tersebut terdiri dari Civitas Akademika Unhan RI (Pejabat Es I, II, III, IV dan dosen, Mahasiswa S1 Universitas Pertahanan R, Mahasiswa S2 cohort 11 dan 12, Mahasiswa Prodi Damai dan Resolusi Konflik, Mahasiswa S3 serta dari Universitas Lain.

Webinar yang merupakan kolaborasi dari Mahasiswa Program Doktoral, Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pertahanan RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amrulla Octavian., ST., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR.

Selain itu, pada webinar tersebut, menghadirkan Direktur Program Doktoral (S-3) Universitas Pertahanan RI Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT., M.Tr.Opsla., CIQnR, CIQaR., IPU sebagai opening speech dan Dekan Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan RI Marsma TNI Dr. Syamsunasir, S.Sos, C.Fr.A., penyampai materi closing speech serta dua orang nara sumber yakni Mahasiswa Program Doktor Ilmu Pertahanan Cohort 3 Universitas Pertahanan RI Ir. Hasto Kristiyanto, M.M., dan Pemikir Pancasila Yudi Latief, Ph.D.

Mengawali acara, Direktur Program Doktoral (S-3) Universitas Pertahanan RI Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT., M.Tr.Opsla., CIQnR, CIQaR., IPU, menyampaikan opening speech yang mengatakan bahwa penyelenggaraan webinar memperingatan Hari Lahir Pancasila ini menunjukkan Unhan RI senantiasa berkomitmen mengedepankan penghayatan dan pengimpelementasian nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, dapat dimaknai sebagai suatu bentuk momentum yang penting bagi seluruh warga negara Indonesia, terutama bagi para pemuda-pemudi Indonesia yang memegang tongkat estafet kepemimpinan untuk memimpin Indonesia di masa depan.

“Pancasila merupakan dasar negara bagi negara Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan ideologi, pandangan, dan falsafah hidup yang harus dipedomani bangsa Indonesia dalam proses penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan yang dideklarasikan oleh para pendiri bangsa (founding fathers)”, kata Direktur Program Doktoral S3 Unhan RI .

Penyelenggaraan kegiatan Webinar Peringatan Hari Pancasila ini adalah untuk melakukan brainstorming dan diskusi antar mahasiswa, dosen, dan civitas akademika Universitas Pertahanan RI khususnya dari mahasiswa program doktoral dan mahasiswa S2 Prodi Damai dan Resolusi Konflik, dalam upaya meningkatkan pengetahuan, kesadaran serta keinginan dalam menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam bela negara, dengan target Mahasiswa Universitas Pertahanan RI, baik S1, S2, S3 dan masyarakat umum sebagai sebagai bentuk edukasi yang lebih luas.

Melalui kegiatan Webinar Peringatan Hari Pancasila ini diharapkan menjadi wadah penyebaran informasi dan edukasi terkait penyebaran perdamaian demi keamanan nasional melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam bela negara, kemudian menjadi sarana dalam memperdalam pemahaman tentang bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta dapat mendukung sosialisasi bela negara di lingkungan masyarakat maupun menumbuhkan kembali kesadaran bangsa tentang eksistensi Pancasila sebagai ideologi negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia