Diterima Wamenhan RI, Dubes RI Pretoria Ungkapkan Keinginan Dorong Kerjasama Industri Pertahanan

Jumat, 4 Juni 2021

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra didampingi Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Strahan Kemhan) Mayjen TNI Dr. rer. Pol. Rodon Pedrason, M.A., menerima Duta Besar (Dubes) RI Pretoria Salman Al Farisi, Jumat (4/6) di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Saat bertemu Wamenhan RI, Dubes RI Pretoria mengungkapkan keinginan dan harapannya untuk mendorong peningkatan kerjasama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Afrika Selatan.

Dalam penjelasannya kepada Wamenhan RI, Dubes RI Pretoria mengatakan bahwa pembahasan perjanjian kerjasama pertahanan kedua negara dalam waktu dekat akan selesai, karenanya diharapkan dapat membuka peluang kerjasama teknis di berbagai bidang, termasuk kerjasama di bidang industri pertahanan yang menguntungkan kedua negara.

Sejalan dengan hal itu, KBRI Pretoria juga berkomitmen mendorong kerja sama industri pertahanan antara Afrika Selatan dan Indonesia. “Kerjasama industri pertahanan menjadi salah satu yang akan kita dorong kedepan”, kata Dubes RI Pretoria.

Sebagai pijakan, pada tahun 2019 perusahaan Industri Pertahanan Indonesia dan Afrika Selatan yakni PT. Pindad dan Paramount Group yang memiliki kapabilitas sebagai produsen berbagai kendaraan taktis, pesawat, kapal, jasa pelatihan, dan peralatan militer, telah menandatangani nota kesepahaman produksi dan pemasaran kendaraan militer. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia