Resimen Kadet Mahasiswa Perwujudan Sishankamrata

Rabu, 9 Juni 2021

Jakarta – Sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), Menhan Prabowo Subianto, meresmikan Resimen Kadet Mahasiswa di Lapangan Bhineka Tunggal Ika Kemhan, Jakarta, Rabu (9/6).

“Resimen Kadet Mahasiswa Mereka adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta merupakan salah satu Komponen Cadangan serta SDM Pertahanan. Dengan demikian, setiap universitas disarankan memiliki wadah yang tepat seperti Resimen Kadet ini agar setiap mahasiswa dipersiapkan menjadi bagian komunitas pertahanan”, kata Menhan RI.

Dalam sambutannya saat peresmian, Menhan menekankan bahwa dengan terbentuknya Resimen Kadet Mahasiswa S1 UNHAN, diharapkan mahasiswa S1 UNHAN memiliki wadah mengimplementasikan jiwa kepemimpinan dan semangat berorganisasi, berperan serta dalam menjembatani antara pembina/pengasuh dalam mengawasi tata tertib Kadet, mengkoordinir dan menyalurkan aspirasi Kadet baik yang bersifat intrakurikuler maupun ekstrakurikuler kepada Rektor UNHAN, membangun gairah dan semangat belajar Kadet, membangun jiwa korsa Korps Kadet, berinisiatif dalam menunjang keberhasilan berbagai kegiatan, menyusun rencana kegiatan serta dapat berkoordinasi dengan Pembina Kadet.

Unhan RI merupakan Kampus Bela Negara, karenanya terus mendorong para Mahasiswa, dosen dan tenaga pendukung pendidikan termasuk para Kadet Mahasiswa untuk selalu meningkatkan kualitas, kuantitas kreativitas maupun kapasitas dalam mendukung terwujudnya visi dan misi Unhan RI menuju ”World Class Defence University” pada tahun 2024, jelas Menhan lebih jauh dalam sambutannya

Keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan yang unggul dan maju sangat penting dalam merumuskan dan menentukan kebijakan strategis yang dimaksud. Pengembangan SDM yang modern dan profesional dilakukan untuk mengantisipasi perubahan tatanan global dan dinamika lingkungan strategis yang dapat mengancam kedaulatan negara.

“SDM unggul yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga kreatif dan inovatif, serta tetap memegang teguh jati diri bangsa dan memiliki kesadaran bela negara, menjadi modal sosial sekaligus soft power bagi bangsa Indonesia untuk menjamin eksistensinya dalam percaturan global”, tegas Menhan.

Turut mendampingi Menhan Prabowo Subianto pada Peresmian Resimen Kadet Mahasiswa S1 Unhan RI diantaranya Wamenhan M. Herindra, Irjen Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., Rektor Unhan RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR., IPU., Sekjen Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., serta sejumlah Pejabat Eselon I dan II Kementerian Pertahanan.

Saat peresmian, 300 mahasiswa melaksanakan defile yang dibagi menjadi 5 Kompi Defile, 3 Kompi Pasukan Resimen Kadet Mahasiswa S1 Unhan RI, 1 Kelompok Komando dan 1 Bendera Kebesaran. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia