Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Membuka PON XX di Jayapura, Papua

Minggu, 3 Oktober 2021

 

Jayapura – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Sabtu (2/10), mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021, di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua.

Selain Menhan Prabowo, turut hadir pada acara Pembukaan PON XX para ketua lembaga negara, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, para gubernur, hingga para duta besar negara sahabat yang bergabung secara virtual.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa bangga berada di Tanah Papua, terlebih bangga berada di salah satu stadion terbaik di Asia Pasifik serta bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua.

Acara pembukaan sendiri diawali dengan Tarian Selamat Datang yang menyambut para undangan yang hadir. Penonton kemudian disuguhi lagu “Tanah Papua” yang dibawakan sejumlah penyanyi asli Papua.

Defile seluruh kontingen dari 34 provinsi kemudian memasuki lapangan, berurutan secara alfabetis diawali oleh Provinsi Aceh dan diakhiri oleh Provinsi Papua sebagai tuan rumah.

PON XX Papua digelar di empat klaster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke yang berlangsung hingga tanggal 15 Oktober 2021, diikuti atlet serta ofisial dari 34 Provinsi dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga. Meski pembukaan berlangsung pada 2 Oktober, beberapa cabang olahraga sudah ada yang dipertandingkan sejak 22 September 2021.

Berbeda dengan pembukaan PON sebelumnya, pada tahun ini atlet serta ofisial kontingen yang mengikuti defile dibatasi jumlahnya, sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Sumber : Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia