Presiden Joko Widodo Akan Menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komcad TNI Dengan Prokes Ketat

Rabu, 6 Oktober 2021

Batujajar – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan TNI, Kamis (7/10) di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat yang akan digelar dengan menjaga jarak dan protokol kesehatan ketat.

Seluruh peserta upacara, yaitu siswa Komponen Cadangan yang selama tiga bulan telah berlatih bersama dalam karantina tanpa ada interaksi dengan pihak luar. Adapun, setiap siswa sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali dan secara periodik melakukan tes swab setiap pekan. Peserta juga melakukan tes swab PCR sehari sebelumnya.

Tamu upacara pun wajib sudah vaksin dua kali dan melakukan tes swab PCR sehari sebelumnya. Jarak antar tamu saat acara diatur sesuai protokol kesehatan.

Komponen cadangan adalah program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi komponen cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI.

Demikian Siaran Pers Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia