Kemhan Fokus Kepada Hasil/Outcome Pada Acara Diseminasi Sakip di Lingkungan Pusat dan Biro Setjen Kemhan Tahun 2021

Rabu, 27 Oktober 2021

 

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., membuka acara Diseminasi Sistem Akuntabilitas Kinerja instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pusat dan Biro Setjen Kemhan Tahun 2021 di Aula Nusantara I Gedung Urip Sumohardjo, Kemhan, Jakarta, Rabu (27/10).

Kegiatan Diseminasi yang dihadiri oleh Kepala Pusat Kementerian Pertahanan, Kepala Biro Sekretariat Jenderal Pertahanan, serta Pejabat Eselon lll serta lV di lingkungan Pusat dan Biro Setjen Kemhan diselenggarakan melalui dua metode yakni tatap muka dan virtual ini. Lebih lanjut, kegiatan ini merupakan upaya mengoptimalisasikan implementasi SAKIP, sehingga dapat mendorong terciptanya Akuntabilitas Kinerja lnstansi Pemerintah (AKIP) dalam rangka mewujudkan pemerintah yang baik dan terpercaya. Disamping itu, materi yang disampaikan dapat berguna untuk bekal dalam penyusunan Laporan Kinerja lnstansi Pemerintah (LKj lP) Tahun 2021 dan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2022 di masing-masing Satker Jajaran Pusat dan Biro Setjen Kemhan secara benar. “Diharapkan kegiatan ini, ke depan menghasilkan peningkatan kinerja Kementerian Pertahanan yang signifikan”, ujar Sekjen Kemhan.

Menurut Sekjen Kemhan, saat ini Bapak Presiden Rl sangat gencar mengingatkan seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di seluruh lndonesia untuk terus menjalankan roda pemerintahan yang berorientasi bukan hanya output semata, namun juga pada hasil/outcome. Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian PANRB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi Akuntabilitas Kinerja lnstansi Pemerintah (AKIP) untuk mengetahui sampai sejauh mana implementasi SAKIP dapat terlaksana dengan baik.

Di samping itu, Karo Ortala Setjen Kemhan Brigjen TNI Jati Bambang Priyambodo, S.I.P., M.A.P., menambahkan, dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP Instansi Pemerintah, yang menjadi penilaian penting dalam komponen SAKIP adalah Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Kinerja, dan Capaian Kinerja. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia