Umat Katolik Kemhan Selenggarakan Retret untuk Mewujudkan Tekad Berakar, Bertumbuh, dan Berbuah

Sabtu, 30 Oktober 2021

 


Semarang – Untuk menjawab kerinduan dalam pembinaan rohani dan penguatan iman, Umat Katolik Kementerian Pertahanan menyelenggarakan kegiatan Retret mulai tanggal 28 sampai 30 oktober, yang dilayani oleh Tim Pembimbing di Rumah Retret Syalom, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, dengan pembatasan peserta dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan tema yang diangkat dalam pelaksanaan retreat yang dilaksanakan selama 3 hari di Semarang, Jawa Tengah dan diikuti oleh pegawai Kemhan aktif beserta keluarga tersebut, adalah “Berakar, Bertumbuh, dan Berbuah dalam Kristus”.

Dalam acara pembukaan Retret, Ketua Panitia Kolonel Sus Merjames Pakpahan, S.Si., M.Han., M.Si. menyatakan, bahwa Retret sebagaimana terminologi aslinya “Retreat” yang berarti mundur sejenak dari aktivitas keseharian untuk lebih mendekatkan diri, kepada pengalaman penyelenggaraan Tuhan dalam hidup manusia, memiliki makna serta tujuan empat hal yakni, mendapatkan pengalaman iman yang semakin bertumbuh akan kasih Tuhan, mengalami persaudaraan yang semakin kuat dalam komunitas, mendapatkan semangat baru untuk semakin berakar, bertumbuh, dan berbuah dalam Kristus dalam hidup dan pekerjaan, serta agar lebih siap untuk menjadi berkat bagi lingkungan sekitar.

Sementara selama kegiatan Retret, sejumlah aktivitas dilakukan dan materi yang diberikan oleh 41 peserta dan dipandu oleh Br. Albertus Hariyadi, FIC beserta pembimbing diantaranya, sesi materi Berakar, Bertumbuh, dan Berbuah kemudian games, Outdoor Learning Activities (OLA), meditasi gerak ‘ala’ Bruder Hari, jalan pagi, ibadah tobat, dan Perayaan Ekaristi. Dan di sela-sela acara ketika usai kegiatan, peserta juga mengunjungi Gua Maria Kerep Ambarawa, Eling Bening, serta Pandanaran Semarang.

Penasehat Umat Katholik Kemhan, Brigjen TNI Ign. E. Djoko Purwanto dalam acara Penutupan Retret juga berkesempatan membagikan sejumlah pengalaman iman dan memberikan nasehat kepada peserta dengan penyampaian, bahwa siklus berakar, bertumbuh, dan berbuah hendaknya terjadi dalam hidup keseharian dan semakin digiatkan dalam hidup berkomunitas. Dan melalui kegiatan Retret ini diharapkan Umat Katolik Kemhan dapat meningkatkan keimanan serta semangat untuk berakar, bertumbuh, dan berbuah untuk menunjang tugas dalam kedinasan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia