Diklat Kader Bela Negara Diharapkan Dapat Menumbuhkembangkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Senin, 22 November 2021

 

Bogor – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., mengharapkan Diklat Kader Bela Negara dapat menumbuh kembangkan karakter cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Hal ini Sekjen Kemhan dalam sambutannya, saat membuka Diklat Kader Bela Negara bagi Dosen UPN Veteran Tahun Anggaran 2021, di Pusdiklat Bela Negara, Rumpin, Bogor.

Diklat Kader Bela Negara yang bertemakan “Melalui Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara bagi Dosen UPN Veteran TA 2021 Mewujudkan Kader Bela Negara yang Memiliki Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme yang Tinggi” ini, dilaksanakan selama satu minggu dan diikuti 160 peserta yang berasal dari Dosen UPN Veteran Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Dalam sambutan pembukanya, Sekjen Kemhan juga menegaskan bahwa Hakekat pembinaan kesadaran bela negara adalah upaya untuk membangun karakter bangsa lndonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ketahanan nasional demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik lndonesia yang tangguh. Pembinaan kesadaran Bela Negara diarahkan untuk menangkal faham-faham, ideologi dan budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai kepribadian Bangsa lndonesia. Bela Negara dilakukan secara berkesinambungan melalui pendidikan dan pelatihan serta sosialisasi.

Selama Diklat, peserta akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku Kader Bela Negara yang nasionalis dan patriotik. Sekjen Kemhan kemudian berpesan agar peserta Diklat mengikuti semua aturan dan ketentuan yang berlaku di Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan ini, serta laksanakan semua instruksi dari pengajar dan pelatih.

“Jangan pernah mengenal kata menyerah dan tetap semangat. Karena semangat merupakan modal utama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada peserta Diklat.”, kata Sekjen.

Hadir dalam upacara pembukaan Diklat Kader Bela Negara bagi Dosen UPN Veteran Tahun Anggaran 2021, Rektor UPN Veteran Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur serta pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan.(Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia