Kemhan RI Ikuti Pertemuan Virtual The 17th INDOMALPHI JWG Meeting on TCA

Senin, 20 Desember 2021

Jakarta – 17th INDOMALPHI Joint Working Group (JWG) Meeting on The Trilateral Cooperative Arrangement (TCA) merupakan pertemuan ke tiga ditahun 2021.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam hal ini Direktur Kerjasama Internasional Pertahanan Ditjen Strategi Pertahanan Kemhan (Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan) Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar menghadiri pertemuan 17th INDOMALPHI JWG on TCA secara virtual bersama Undersecretary for Capability Assessment and Development Department of National Defense (DND), the Philippines, Undersecretary Cesar B. Yano, dan Director Maritime Security and Sovereignty Division, National Security Council, Prime Minister’s Department of Malaysia, Mr. Roselin bin Rajab.

Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan selaku Head of Delegation (HoD) dari Indonesia bersama perwakilan Sops TNI, Lantamal XIII/Tarakan, Koarmada II, Koopsau II, Sopsal, Sintel Panglima TNI, Dit B Bais TNI, Puskersin TNI, Dit HP Polkam Kemlu, Dit Astara Kemlu, Deputi II Pollugri Polhukam, Athan Malaysia dan Athan Filipina di Ruang Crimson, Hotel Ibis Styles Gajah Mada, Jakarta, Senin (20/12) menyatakan,
penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Undersecretary Cesar B Yano, yang telah menyelenggarakan pertemuan virtual ini, dan juga kepada Mr. Roselin Bin Rajab atas partisipasi dan dukungannya untuk pertemuan ini.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan simpati dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas bencana yang terjadi di wilayah Visayas dan Provinsi Surigao di Filipina yang disebabkan oleh Super Typhoon Rai beberapa hari yang lalu, dan Malaysia yang dilanda banjir besar. “Simpati terdalam saya untuk semua korban dan kita harus tetap kuat dan mempererat kerja sama kita menghadapi situasi dan tantangan saat ini”, ujar Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar.

Selain itu, Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan menambahkan, kita harus selalu waspada dan berkolaboratif untuk mencegah ancaman keamanan di wilayah kita. Patroli maritime trilateral, patroli udara trilateral dan pertukaran intelijen diantara ketiga negara harus lebih ditingkatkan.

Pertemuan 17th INDOMALPHI JWG Meeting on TCA yang berlangsung selama dua hari, 20-21 Desember ini, diantaranya membahas tentang Operational Conduct of the Trilateral Maritime Patrol (TMP), Trilateral Air Patrol (TAP), Kerja sama intelijen, Updates on the MCC (Maritime Command Center), Assessment by MCC, dan review of the Outcomes of the 16th INDOMALPHI JWG Meeting on TCA. Pertemuan juga membahas rencana INDOMALPHI Trilateral Ministers’ Meeting tahun 2022 dimana ketiga Menhan akan membahas lebih lanjut arah kerja sama TCA ke depan.

Sebelumnya, pada pertemuan 16th JWG Meeting on TCA pada 6-7 Oktober 2021, telah dibahas komitmen bersama untuk lebih lanjut menerapkan TCA guna menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah maritim yang menjadi perhatian bersama dan memperbarui pelaksanaan Patroli Maritim Triateral, Patroli Udara Trilateral dan status Pusat Komando Maritim/MCC. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia