Wamenhan Herindra Soroti Pentingnya Kolaborasi dalam Upaya Mengupdate Kebijakan Pertahanan Negara

Rabu, 19 Januari 2022

 

Jakarta – Kementerian Pertahanan terus berupaya mengupdate kebijakan pertahanan negara yang tepat sasaran, agar Sishankamrata dapat terlaksana dengan baik serta pertahanan dan keamanan Indonesia tetap tangguh dan maju. Demikian diungkapkan Wamenhan saat membuka Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) Tahun 2022, Rabu (19/1) di Kemhan, Jakarta, yang mengangkat tema “Konsolidasi Pembangunan Kekuatan Pertahanan Negara”.

“Melalui Rapim Kemhan Tahun ini, diharapkan dapat meningkatkan kerja sama, kolaborasi, koordinasi dan sinergi untuk memastikan terlaksananya Program Kerja Tahun Anggaran 2022 secara baik dan efektif, serta meningkatkan fungsi pengawasan intern dengan melakukan pengawalan terhadap setiap perencanaan program kegiatan, agar Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI kepada Kemhan dapat dipertahankan”, tegas Wamenhan M. Herindra.

Lebih lanjut dijelaskan Wamenhan, berdasarkan UUD 45, tugas Kementerian Pertahanan (Kemhan) adalah menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan. Pertahanan negara bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman. Oleh karenanya, penyelenggaraan pertahanan negara haruslah berpedoman pada Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang mengandalkan semua kekuatan komponen sumber daya yang kita miliki.

Hal ini selaras dengan posisi Kemhan sebagai satu-satunya Entry Point dari pengajuan seluruh keperluan penyelenggaraan pembangunan sistem pertahanan negara, dari Unit Organisasi Kemhan atau TNI dan Exit Point kepada Kementerian dan Lembaga dalam proses pemenuhannya.

Hari pertama Rapim Kemhan, yang dibuka oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra ini diisi juga dengan paparan Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., tentang Evaluasi Program Kemhan TA. 2021, dilanjutkan pemaparan Alokasi Anggaran Kemhan dan TNI Tahun Anggaran 2022 oleh Dirjen Renhan Kemhan Mayjen TNI Dr. Budi Prijono, S.T., M.M., CfrA. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia