Kemhan Bekali Kesadaran Bela Negara di Lembaga Pendidikan Agama

Rabu, 16 Maret 2022

Padang – Kementerian Pertahanan melalui Direktorat Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di lembaga pendidikan agama tingkat dasar dan menengah TA. 2022 di Padang, Sumatera Barat, Rabu (16/3).

Kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi PKBN yang diselenggarakan dalam rangka membangun karakter warga negara terutama di lembaga pendidikan agama tersebut, dikuti peserta dari Guru Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah dan Pelajar dari Madrasah Aliyah, serta staf Madrasah dan juga peserta sekolah Kristen, Hindhu dan Budha, baik dari Guru, Staf dan pelajar SMA Kota Padang.

“Melalui kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Kesadaran Bela Negara Kemhan ini diharapkan dapat membangun karakter warga negara di lembaga pendidikan agama dan mampu berkontribusi dengan baik demi kemajuan bangsa dan negara, sesuai kapasitas dan kompetisinya masing-masing”, ungkap Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Direktur Bela Negara (Dirbelneg) Ditjen Pothan Kemhan Brigadir Jenderal TNI Dr. Jubei Levianto.

Lebih lanjut Dirjen Pothan Kemhan berharap, kalangan generasi muda khususnya di Kota Padang, Sumatera Barat dapat menjadi Role Model dan garda terdepan dalam mengaktualisasikan dan menyebarkan virus-virus kesadaran Bela Negara kepada lingkungan Madrasah atau sekolah hingga ke masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Sekda Provinsi Provinsi Drs. Hansastri, M.M, mengatakan, bela negara merupakan tuntunan kesadaran yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia guna menghadapi berbagai permasalahan bangsa. Sehingga, setiap warga negara harus memiliki kesadaran untuk selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

Sosialisasi dan Diseminasi PKBN di satuan Pendidikan agama tingkat dasar dan menengah TA. 2022 di Padang, Sumatera Barat dilaksanakan selama dua hari dimulai 16 sampai 17 Maret 2022.

Kegiatan tersebut menghadirkan empat orang nara sumber yakni Direktur Bela Negara Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto dengan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela negara, Ketua PPAD Prov, Sumatera Barat, Brigjen TNI (Purn) Dasiri Musnar dengan materi Sejarah Perjuangan Bangsa sebagai bagian Bela Negara.

Selanjutnya, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Helmi M.Ag, tentang Implementasi Bela Negara dalam sistem pendidikan agama di daerah Sumatera barat dan Kadiskominfotik Provinsi Sumatera Barat diwakili Sekretaris dinas kominfotik, Widya Prima Hatta, ST, MT tentang Bijak Bermedia sosial bagian dari Bela Negara serta FKPT Provinsi Sumatera Barat Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman MM, dengan judul materi Pencegahan Terorisme dan Radikalisme bagian Bela Negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia