Menhan Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Aljazair

Jumat, 25 Maret 2022

 

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar LBBP Republik Demokratik Rakyat Aljazair untuk Indonesia H.E Mr. Lahcene Kaid-Slimane, di Kemhan, Jakarta, Jumat, (25/3).

Pada kunjungan tersebut, Lahcene Kaid-Slimane mengungkapkan rasa terima kasih atas keramahan pemerintah dan rakyat Indonesia sejak kedatangannya 3 bulan yang lalu di Jakarta. “Saya akan mengupayakan segala cara untuk senantiasa menguatkan hubungan persahabatan yang memiliki sejarah panjang dan kerja sama bilateral antara Aljazair dan Indonesia yang telah terjalin dengan baik selama ini sebagai dua negara bersaudara”, ujarnya.

Hubungan antara Indonesia dan Aljazair antara lain dilatarbelakangi beberapa kesamaan diantaranya berpenduduk mayoritas muslim, kemudian memiliki kesamaaan sebagai negara penganut politik luar negeri yang anti kolonialisme serta aktif mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa-bangsa yang terjajah.

Hal lainnya, Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Aljazair pada 5 Juli 1962, dimana salah satu peran yang dilakukan adalah tindakan pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno mengundang delegasi Aljazair, ikut dalam Konfrensi Asia-Afrika di Bandung, yang kemudian membuahkan kemerdekaan Aljazair, dan kedua negara sepakat untuk memperluas kerja sama dan memperkuat hubungan.

Hingga kini kedua negara terus menjaga hubungan yang sudah terjalin baik, yang ditandai dengan cukup tingginya intensitas saling kunjung dan pertemuan pejabat kedua negara, kemudian perkembangan kerja sama di bidang counter terorisme, kerja sama parlemen, dan saling dukung dalam berbagai pencalonan di organisasi internasional. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia