Sekjen Kemhan Ikuti ADSOM dan ADSOM-Plus di Kamboja

Kamis, 19 Mei 2022

 

 

Phnom Penh – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto mengikuti ASEAN Defence Seniors Officials’ Meeting (ADSOM) dan ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting Plus (ADSOM-Plus) di Phnom Penh, Kamboja yang berlangsung mulai 16 sampai 19 Mei 2022. Pertemuan yang dipimpin Ketua ADSOM Kamboja General Nem Sowath, membahas dan mengesahkan inisiatif kerja sama pertahanan, serta persiapan ADMM Retreat dan ADMM-Plus November 2022 di Seam Reap, Kamboja.

Sekjen Kemhan RI berkesempatan menyampaikan rencana Indonesia menjadi tuan rumah Latihan Gladi Lapang ADMM-Plus Experts’ Working Group on Humanitarian Assistance and Disaster Relief (EWG on HADR) tahun 2023 di Indonesia. Sekjen Kemhan RI juga menyampaikan pandangan tentang pentingnya ASEAN menjadi bagian dalam mencari solusi menghadapi tantangan dinamis di kawasan regional maupun global serta mengharapkan negara mitra wicara mendukung sentralitas ASEAN dan menjaga serta mewujudkan kawasan regional yang aman, damai dan stabil.

Kemudian pada pertemuan ADSOM-Plus yang dihadiri Sekjen negara anggota ASEAN dan delapan negara mitra wicara (Amerika Serikat, China, Jepang, India, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia dan Australia), dibahas kerja sama praktis di bawah kerangka ADMM-Plus di bidang penanganan terorisme, keamanan maritim, misi pemeliharaan perdamaian, kesehatan militer, keamanan siber, penanganan bencana alam dan penanganan ranjau.

Pada pertemuan ini, Sekjen Kemhan didampingi perwakilan dari Kemhan, Kemlu, Kemenkopolhukam dan TNI serta berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Kamboja, Laos, Singapura, Amerika Serikat dan Selandia Baru. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia