Menhan Prabowo Ikuti US Multilateral Meeting di Singapura

Sabtu, 11 Juni 2022

 

 

Singapura – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengikuti US Multilateral Meeting, Jumat (10/6), pada rangkaian acara International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022, yang berlangsung mulai 10 sampai 12 Juni 2022. Pertemuan ini diikuti oleh Menteri Pertahanan negara-negara yang hadir dalam Shangri-La Dialogue 2022  dan Delegasi Amerika Serikat yang dipimpin Menteri Pertahanan Amerika Serikat H.E. Lloyd James Austin III.

Dalam pertemuan ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelaskan bahwa selaras dengan tujuan strategis memajukan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka yang lebih terhubung, sejahtera, aman, dan tangguh, diperlukan partisipasi dan kerja sama dari negara-negara di Kawasan Indo-Pasifik.

Menhan Prabowo Subianto juga meyakini bahwa ASEAN akan terus menjaga netralitas dalam lingkungan strategis yang cenderung diwarnai persaingan kepentingan. ASEAN Outlook on Indo-Pacific menekankan kepada kepemimpinan kolektif ASEAN dalam menempa dan membentuk visi untuk kerja sama yang lebih erat di Indo-Pasifik, serta mempertahankan posisi sentralnya dalam arsitektur regional yang berkembang di Asia Tenggara dan sekitarnya.

“Ini adalah perspektif di mana kawasan Asia-Pasifik dan Samudra Hindia dipandang bukan sebagai ruang teritorial yang berdekatan, tetapi sebagai kawasan yang terintegrasi dan saling berhubungan erat dengan ASEAN, memainkan peran sentral dan strategis,” ujar Menhan Prabowo. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Foto: Dok. Tim Media Prabowo Subianto




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia