Bertemu PM Singapura, Menhan Prabowo Apresiasi Dukungan Penuh untuk Peningkatan Kerja Sama Pertahanan RI-Singapura

Minggu, 12 Juni 2022

 

 

Singapura – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto diterima dengan hangat oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Sabtu (11/6). Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan apresiasi kepada PM Lee atas kontribusinya dalam mendorong peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara, khususnya penyelesaian paket perjanjian antara Indonesia dan Singapura, termasuk Perjanjian Kerja Sama Pertahanan.

“Kami mendukung penuh agar kerja sama pertahanan yang kuat antara Indonesia dan Singapura dibangun dengan berpedoman pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan penghormatan penuh terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan hukum internasional,” ujar Menhan Prabowo.

PM Lee Hsien Loong pun menyampaikan apresiasi serta menyampaikan bahwa Singapura menghormati posisi Indonesia yang netral sebagai non-claimant state dalam persoalan Laut China Selatan.

Pertemuan antara Menhan Prabowo dan PM Lee dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Menhan Prabowo di Singapura untuk menjadi pembicara dalam IISS Shangri-La Dialogue 2022 yang berlangsung dari tanggal 10 sampai 12 Juni 2022.

Dalam pertemuan ini, PM Lee dan Menhan Prabowo juga menegaskan kembali hubungan bilateral antara kedua negara yang erat dan terjalin cukup lama yang dikuatkan dengan paket kesepakatan yang ditandatangani pada Leader Retreat Januari 2022 lalu. Dibahas pula beberapa permasalahan global seperti kontra-terorisme, keamanan maritim dan pangan, dan menegaskan kembali pentingnya memperkuat kerjasama dan kepercayaan antara kedua negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Sumber Foto: Kementerian Pertahanan Republik Singapura




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia