Disaksikan Menhan Prabowo di Indo Defence 2022, RI dan Turki Teken Sejumlah Kontrak Kerja Sama

Senin, 7 November 2022

 

 

Jakarta – Kementerian Pertahanan RI di sela Indo Defence 2022 menandatangani sejumlah kontrak kerja sama dengan berbagai negara, salah satunya Turki, yang disaksikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Vice Chairman of The Board Havelsan Sedat Karakas, Rabu (2/11).

Penandatanganan dilakukan oleh Kabaranahan Kemhan RI Marsda TNI Yusuf Jauhari, bersama President & CEO Havelsan Dr. Mehmet Akif NACAR dan Chairman of the board Prof. Dr. Hacl Aki Mantar, pada Indo Defence Expo dan Forum 2022, Rabu (2/11).

Adapun penandatanganan kerja sama tersebut dimulai dengan pengembangan shooting simulator, parachute simulator dan flight simulator. PT Falah Inovasi Teknologi (Falah) dan Havelsan akan melakukan inovasi pada perangkat keras dan perangkat lunak dari sistem agar dapat sesuai dengan kebutuhan aparat militer Indonesia, aparat keamanan, aparat penegak hukum dan berbagai pasukan khusus.

Menhan Prabowo mengapresiasi komitmen kuat Turki dalam mendukung kerja sama industri pertahanan, baik dalam kerangka Government to Government (G to G) maupun business-to-business (B to B).

“Kerja sama G to G dan B to B ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan industri pertahanan Indonesia,” ujar Menhan Prabowo di hari yang sama saat bertemu dengan Presiden Badan Industri Pertahanan Turki Ismail Demir.

Sejumlah kerja sama lainnya yang disepakati antara RI dan Turki di antaranya; penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Havelsan, Turkiye, DEFEND ID/PT. PAL, PT. Noahtu Shipyard dan PT. Tesco Indomaritim dengan kegiatan sebagai berikut: CMS Offishore Patrol Vessel (OPV) Warship, CMS Offishore Patrol Vessel (OPV) 90 M Warship, CMS (KCR) 90 M Warship, CMS Frigate Warship.

Selanjutnya, penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Bogazici Savunma Teknolojileri, Turkiyedengan kegiatan Antidrone and Weapory, penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Tais Gemi Insa Ve Teknoloji A.S., Turkiyedengan kegiatan Kapal Cepat Rudal (KCR) Full Combat Mission.

Adapun kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Roketsan, Turkiye dan PT. Noahtu Shipyard meliputi kegiatan sebagai berikut: Khan Missile System, Roketsan Trisula-O Missile System (OMS), Trisula-O Weapon System (OWS), Trisula-U Missile System, Trisula-U Weapon System (UWS), dan Atmaca Missile at FFBNW OPV and OPV 90 M. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia