Menhan Prabowo Hadiri Pelantikan Kasal oleh Presiden RI di Istana Negara

Rabu, 28 Desember 2022

 

 

Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri upacara pelantikan Kepala Staf TNI AL yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/12). Laksamana TNI Muhammad Ali secara resmi dilantik sebagai Kepala Staf TNI AL menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang menjabat sebagai Panglima TNI saat ini. Sebelum diangkat sebagai Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali menjabat sebagai Pangkogabwilhan I.

Dalam keterangannya kepada media Presiden Joko Widodo mengatakan Laksamana TNI Muhammad Ali memiliki rekam jejak dan leadership yang baik. Presiden Joko Widodo menekankan pula mengenai wilayah Indonesia yang 2/3 merupakan perairan.

“Kedaulatan negara utamanya di laut, jadi perairan dan laut serta pulau-pulau terdepan di perbatasan harus menjadi perhatian, termasuk juga modernisasi alutsista laut,” jelas Presiden Joko Widodo.

Sementara itu Kepala Staf TNI AL yang baru saja dilantik Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan akan melanjutkan kebijakan yang diambil oleh Kasal sebelumnya dan menyelesaikan program-program yang belum selesai. Dirinya juga menjelaskan bahwa saat ini alutsista TNI AL utamanya KRI telah 70% merupakan produk dalam negeri. Kasal juga mengulang penekanan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo mengenai upaya mengurangi kegiatan ilegal di laut dan melalui perairan Indonesia, seperti contohnya penyelundupan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia