Sekjen Kemhan Pimpin Rapim UO Kemhan 2023, Ada yang Istimewa di Tahun Ini

Rabu, 25 Januari 2023

 

 

Jakarta – Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto memimpin Rapat Pimpinan Unit Organisasi Kementerian Pertahanan (Rapim UO Kemhan) Tahun 2023, di Aula Nusantara I Gedung Urip Sumohardjo Kemhan, Jakarta, Rabu (25/1), yang diselenggarakan secara tatap muka dan video conference.

Ada hal istimewa pada Rapim UO Kemhan tahun ini, dimana Sekjen Kemhan menyerahkan penghargaan kepada tiga Satuan Kerja (Satker) Kemhan yang meraih prestasi yakni Ditjen Pothan yang meraih Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2022 dari Kemenpan-RB, Biro Humas Setjen Kemhan yang meraih anugerah atas Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 dengan kualifikasi “Informatif” dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia dan Ropeg Kemhan yang meraih Penghargaan Sistem Merit berpredikat “Baik” dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

Penghargaan diserahkan oleh Sekjen Kemhan masing-masing kepada Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan Marsma TNI Wajariman, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Taufiq Shobri dan Karopeg Setjen Kemhan Brigjen TNI Kosasih.

Dalam sambutan pembuka Rapim UO Kemhan tahun 2023, Sekjen menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting karena disinilah akan disampaikan evaluasi program dan anggaran UO Kemhan tahun 2022, kebijakan tahun 2023, atensi terhadap kinerja anggaran UO Kemhan tahun 2022, dan program anggaran UO Kemhan Tahun 2023. Kementerian Keuangan juga menyampaikan paparan tentang kebijakan anggaran tahun 2023, yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Pertahanan Negara Tahun 2023.

“Harapan saya kepada peserta rapim sekalian, gunakan momentum ini sebagai forum komunikasi untuk saling bertukar pengetahuan, pendapat dan pikiran agar tahun 2023 menjadi tahun yang lebih baik untuk Kementerian Pertahanan dan untuk lndonesia yang sangat kita cintai”, ungkap Sekjen Kemhan.

Pada Rapim UO Kemhan tahun 2023 yang mengangkat tema “Pertahanan Negara yang Kuat Mendukung dan Mengamankan Pembangunan Nasional” ini, Sekjen Kemhan juga mengingatkan jajaran Kemhan agar menerapkan sistem merit dan mempercepat perubahan budaya kerja Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif (BerAKHLAK) dan mempertajam sense of crisis agar mampu menganalisa dan mencari solusi atas krisis tersebut.

Ditambahkannya, pada tahun 2023 ini akan banyak agenda-agenda kegiatan penting yang harus kita kerjakan. Salah satunya adalah akan diselenggarakannya ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) 2023. Sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini, kita harus memastikan setiap rangkaian kegiatan dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

Pada Rapim UO Kemhan 2023, disampaikan sejumlah paparan antara lain oleh Sekjen Kemhan tentang Evaluasi Program dan Anggaran UO Kemhan tahun 2022 dan penyampaian Kebijakan Pimpinan pada TA.2023 yakni ADMM 2023 dan Kebijakan Anggaran UO Kemhan.

Kemudian Inspektur II Itjen Kemhan Laksma TNI Yos Sumiarsa yang memaparkan tentang Atensi Terhadap Kinerja Anggaran UO Kemhan Tahun 2022, Karorenku Setjen Kemhan Brigjen TNI Sukabi tentang Program dan Anggaran UO Kemhan Tahun 2023, serta paparan dari Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Dra. Dwi Pudjiastuti Handayani, M.Si. tentang Kebijakan Belanja Tahun 2023.

Mengakhiri acara, dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon I dan II Kemhan serta pengarahan dari Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto.

Kegiatan Rapim UO Kemhan 2023 secara tatap muka dihadiri Irjen Kemhan, Rektor Unhan, Katimlak KKIP, dan Pejabat Eselon I dan II Kemhan, serta diikuti Peserta Rapim UO Kemhan 2023 melalui video conference di satker masing-masing. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia