Kemhan Tuan Rumah Pertemuan The 7th ASEAN AOE WG

Kamis, 2 Februari 2023

SIARAN PERS
Nomor :SP/06/II/2023/ROHUMAS

Jakarta – Kemhan RI menjadi tuan rumah dalam pertemuan The 7th ASEAN Our Eyes (AOE) Working Group (WG) yang diselenggarakan mulai tanggal 1 – 2 Februari 2023 di Jakarta. Pertemuan AOE WG dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan The 7th Ad Hoc Working Group Meeting on ASEAN Direct Communications Infrastructure (ADI).

Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan sebagai Ketua Delegasi Indonesia dan ADSOM WG Chair menyampaikan apresiasi atas kehadiran para peserta dalam pertemuan AOE ke-7, dan berkesempatan menjelaskan sekilas tentang tema Keketuaan Indonesia pada ADMM 2023 dan prioritas ADMM 2023.

“Dengan tema Peace, Prosperity and Security, prioritas Indonesia dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) 2023 tahun ini adalah, menjaga kesatuan dan sentralitas ASEAN, menjaga persatuan dan martabat ASEAN sebagai penggerak di kawasan serta mendorong inklusivitas ASEAN,” terangnya.

“Selain itu, Indonesia juga berkomitmen untuk melanjutkan keberhasilan keketuaan Kamboja tahun lalu dan meningkatkan kerja sama yang telah terjalin dalam mekanisme ADMM dan ADMM-Plus, termasuk ASEAN Our Eyes sebagai salah satu inisiatif Indonesia dalam kerangka ADMM,” ujar Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan.

Adapun agenda topik yang dibahas dalam pertemuan AOE WG ke-7 ini adalah update tentang terorisme, serta fasilitas dan mekanisme Our Eyes Command Centre (OECC) dari masing-masing negara ASEAN.

Dari delegasi Indonesia sendiri, topik terorisme disampaikan oleh perwakilan dari BNPT, Kol. Sus Harianto, dan fasilitas OECC disampaikan oleh perwakilan Pusinfostrahan Bainstrahan Kemhan, Kolonel Adm Waskita.

Selain itu, dibahas pula mengenai hal-hal yang tertunda pada pertemuan AOE WG ke-6 tahun 2022 lalu, logo resmi pertemuan AOE, dan Information Exchange Exercise Test.

Acara yang berlangsung dua hari ini dihadiri oleh Ketua Delegasi dan Anggota Delegasi dari 10 Negara Anggota ASEAN, serta Sekretariat ASEAN. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia