Wamenhan Bersama Menteri Perindustrian Tinjau Kesiapan Temu Bisnis Produk Dalam Negeri Tahun 2023

Selasa, 14 Maret 2023

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra bersama-sama dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau persiapan kegiatan Business Matching atau Temu Bisnis Produk Dalam Negeri Tahun 2023, yang akan berlangsung di Istora Gelora Bung Karno pada 15-17 Maret 2023.

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari dua kementerian negara terkait, yaitu Kementerian Pertahanan dan Kementerian Perindustrian; dimana pada hari pertama kegiatan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang akan memimpin langsung upacara pembukaan serta memberikan penghargaan kepada kementerian/instansi/lembaga pemerintah yang telah memberikan kontribusinya dalam mendukung penggunaan produk-produk dalam negeri.

Rangkaian kegiatan Business Matching P3DN 2023 yang berlangsung selama tiga hari ini dikemas dalam konsep one-stop-event, dimana agenda-agenda lain akan mencakup Business Matching, Talkshow, Forum Komunikasi P3DN, Coaching Clinic, dan Pameran Produk Dalam Negeri.

Gerakan P3DN sendiri merupakan implementasi dari Pasal 86 UU No. 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian yang mengamanatkan kewajiban penggunaan produk dalam negeri pada lembaga negara, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang melakukan pengadaan barang/jasa melalui pembiayaan APBN/APBD, termasuk dana pinjaman atau hibah, serta terhadap badan usaha yang menggunakan APBN/APBD, berupa KPBU, atau menggunakan sumber daya yang dikuasai oleh negara.

Adapun tujuan dari kebijakan P3DN ini adalah untuk memberdayakan industri dalam negeri dan memperkuat struktur industri nasional sehingga ketergantungan pada produk impor dapat berkurang.
Turut hadir dalam inspeksi adalah sejumlah pejabat dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pertahanan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia