Kementerian Pertahanan RI Selenggarakan Pertemuan Ad Hoc ADSOM WG 2023.

Selasa, 9 Mei 2023

Jakarta – Direktur Kerja Sama Internasional Pertahanan (Dirkersinhan) Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan membuka pertemuan Ad Hoc ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting Working Group (Ad Hoc ADSOM WG) 2023, Selasa (9/5/2023). Pertemuan yang diselenggarakan secara daring tersebut dihadiri oleh para delegasi dari seluruh negara anggota ASEAN.

Dalam pembukaanya Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan berharap agar pertemuan ini dapat menghasilkan konsensus terhadap sejumlah dokumen yang akan di bawa ke sidang tingkat lanjutan yaitu ADSOM & ADSOM Plus 2023 pada bulan Agustus 2023.

Pertemuan pejabat senior bidang pertahanan se-ASEAN yakni ADSOM & ADSOM Plus 2023 ini merupakan forum untuk mematangkan materi yang akan di bawa ke sidang ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) dan ASEAN Defence Ministers’ Meeting Plus (ADMM Plus) 2023. Menhan Prabowo Subianto selaku Ketua ADMM dan ADMM Plus 2023 akan membuka dan memimpin kegiatan ini yang akan dilaksanakan pada bulan November 2023.

Ad Hoc ADSOM WG 2023 ini membahas sejumlah dokumen yang belum mencapai konsensus antara lain Draft Concept Paper on the Implementation of ASEAN Outlook on the Indo-Pacific from a Defence Prespective, Draft Guidelines on the Display of ASEAN Flag Next to the National Flag at the Compound of ASEAN Member State’s Military Units Participating in United Nations Peacekeeping Operations, Draft Jakarta Joint Declaration of the ASEAN Defence Ministers’ Meeting for Peace, Prosperity and Security serta Draft Joint Statement by the ASEAN Defence Ministers’ Meeting Plus on Women, Peace and Security.

Delegasi RI yang hadir antara lain perwakilan dari Kemhan, Kemlu dan Mabes TNI. (Biro Humas Setjen Kemhan).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia