Menhan Prabowo Hadiri Tausiyah Kebangsaan di Pondok Pesantren Tremas Pacitan

Sabtu, 20 Mei 2023

Pacitan – Menteri Pertahahan Prabowo Subianto menghadiri acara tausiyah kebangsaan kepada para santri di Pondok Pesantren Tremas Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2023).

“Selamat datang di Pondok Pesantren Tremas Pacitan ini. Mudah-mudahan kedatangan Pak Prabowo membawa berkah,” kata Pengasuh Ponpes K. H Luqman.

Dalam acara yang dihadiri oleh ribuan santri ini Menhan Prabowo pun sempat memberikan pidato.

“Pacitan ini tempat lahirnya banyak pemimpin-pemimpin besar. Salah satunya, Ulama memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa. Peran pesantren, Kyai, Ulama dalam perjuangan kemerdekaan melawan penjajah juga sangat besar dan sangat penting,” ungkap Menhan.

“Kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari bangsa lain. Kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan keringat, darah dan air mata,” lanjutnya.

Untuk itu, Menhan Prabowo menyebutkan bahwa Pesantren merupakan unsur penting dalam pembinaan dan pendidikan generasi penerus bangsa.

“Kalian adalah penerus bangsa yang berani, bangsa yang punya kehormatan, dan bangsa yang ingin hidup dengan layak, serta sejajar dengan bangsa lain. Belajar dengan baik dan jadilah Warga Negara baik yang bermanfaat bagi keluarga, agama dan bangsamu,” ungkapnya.

Di akhir tausiyah kebangsaan, Menhan Prabowo sempat memberikan kuis kepada para santri. Beberapa pertanyaan diajukan Menhan di antaranya siapa nama lengkap Presiden Jokowi, asal kota Presiden, sampai kepada tempat kelahiran Menhan Prabowo.

Para santri antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setelah menjawab pertanyaan, Menhan dengan semangat memberikan hadiah berupa jam tangan kepada santri yang telah menjawab dengan benar.

“Saya mau kasih hadiah jam tangan. Artinya? Jam tangan adalah simbol dari kedisiplinan, karena kita akan selalu tahu waktu, ya,” pesan Menhan Prabowo kepada seluruh santri. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia