Wamenhan M. Herindra Terima Kunjungan Panglima Armada ke-7 Amerika Serikat

Kamis, 27 Juli 2023

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra menerima kunjungan kehormatan Panglima Armada ke-7 Amerika Serikat (Commander, U.S. 7th Fleet), Vice Admiral Karl Thomas beserta jajarannya, di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (27/7).

Saat menerima Vice Admiral Karl Thomas, Wamenhan M. Herindra didampingi Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi dan Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan. Turut hadir juga, Athan Amerika Serikat untuk Indonesia, Colonel U.S Army, Theodore Liebreich.

“Terima kasih atas kunjungan Vice Admiral Karl Thomas beserta jajaran ke Kementerian Pertahanan. Kami sangat mengapresiasi hubungan Indonesia – Amerika Serikat yang telah terjalin selama ini, sebagai mitra strategis di berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang pertahanan kemaritiman,” ucap Wamenhan M. Herindra di awal pertemuan.

Dalam kesempatan itu juga, Wamenhan menyatakan harapan agar kehadiran Amerika Serikat secara berkelanjutan dalam melaksanakan tugas AOR US INDOPACOM, terutama di Laut China Selatan, dapat turut berkontribusi dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan tersebut.

Kemudian terkait Keketuaan Indonesia di ASEAN, Wamenhan menyampaikan bahwa Menhan Prabowo memberikan perhatian yang besar terhadap isu-isu regional maupun global. Dalam konteks ini, Indonesia berupaya maksimal sebagai Ketua ASEAN tahun ini untuk menyeimbangkan peran strategis di tingkat regional maupun global dalam mengupayakan perdamaian di kawasan.

Wamenhan juga menyinggung berbagai implementasi kerja sama antara kedua negara, termasuk rencana Latihan Bersama Super Garuda Shield ke-17 yang akan digelar tahun ini, antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM). Adapun di bidang pendidikan, Wamenhan meyakini bahwa keberadaan sejumlah kadet dari TNI yang kini tengah menempuh Pendidikan di Amerika adalah investasi masa depan bagi hubungan kedua negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia