Menhan Prabowo Resmikan 15 Titik Sumber Air Bersih di Bangkalan Madura

Selasa, 23 Januari 2024

Bangkalan Madura – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan bantuan sumur bor dan pipanisasi kolaborasi Universitas Pertahanan dan Kementerian Pertahanan dalam rangka pengabdian masyarakat yang tersebar di 15 titik di Kabupaten Bangkalan, Sampang dan Sumenep.

Acara peresmian di pusatkan di Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (23/1).

Bantuan proyek sumur bor dan pipanisasi ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan RI untuk membantu masyarakat dalam hal ketersediaan air bersih. Akses dan ketersediaan air bersih merupakan salah satu hak dasar setiap warga negara yang tertuang dalam amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan UU RI Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air.

Menhan Prabowo menyatakan akan terus berupaya membantu setiap desa yang kekurangan. “Mudah-mudahan sesudah ini kita bisa teruskan ke desa-desa yang belum mendapatkan. Saya sudah beri instruksi kepada Rektor Unhan, dan Rektor Unhan RI sudah mempunyai satgas air dan kemudian sudah membentuk program studi khusus yang pertama di RI, program studi khusus Hidrologi,” kata Menhan.

Menhan dalam kesempatan itu juga menyampaikan jumlah penerima manfaat air bersih yang tersebar di 15 titik. “Yang menerima manfaat totalnya adalah 3.554 Kepala Keluarga yang totalnya 14.500 orang ditambah 31.000 santri dan santriwati. Ini sangat membanggakan saya,” ungkap Menhan.
Di akhir, Menhan juga berpesan kepada masyarakat di desa agar menghemat air dan menjaga serta merawat prasarana fasilitas air yang telah diberikan.

Sumber air bersih dengan metode sumur bor dan pipanisasi yang tersebar di 15 desa, yaitu Desa Karduluk Kec.Pragaan, Desa Patereman Kec.Modung, Desa Kelbung Kec.Galis, Desa Telang Kec.Kamal, Desa Kadung Dung Kec.Kadung Dung, Desa Penyepen Kec.Jrengik, Desa Gunung Kesan Kec.Karang Penang, Desa Rombiya Barat Kec.Kanding, Desa Batang Batang Daya Kec.Batang Batang, Desa Bringin Kec.Tambelangan, Desa Lepelle Kec.Robetal, Desa Tanah Merah Kec. Tanah Merah, Desa Bates Kec.Blega, Desa Badur Kec.Batuputih, dan Desa Karang Nangka Kec.Rubaru.

Turut hadir dalam acara ini Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, serta Ketua DPRD Bangkalan, Ketua Kajari, Dandim 0829/BKL, Kapolres Bangkalan, dan Danlanal Bangkalan. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia