Menhan Prabowo Menerima Kunjungan Dubes Spanyol, Bahas Peningkatan Kemandirian Pertahanan Negara

Jumat, 15 Maret 2024

Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Duta Besar Spanyol untuk Indonesia H.E. Mr. Francisco de Asís Aguilera Aranda di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (15/3).

Dalam pertemuan bilateral antara Menhan Prabowo dengan Duta Besar Spanyol, Menhan menyatakan pentingnya kerja sama dalam bidang pertahanan antara Indonesia dan Spanyol. Selain itu, Spanyol memiliki peran yang strategis dalam upaya penguatan pertahanan Indonesia.

“Spanyol merupakan mitra yang penting bagi Indonesia dalam bidang pertahanan. Kerja sama dengan Spanyol dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi pertahanan serta peningkatan kapasitas militer Indonesia, termasuk pertukaran pengetahuan dan pelatihan militer,” ujar Menhan Prabowo.

Terkait kerja sama di bidang industri pertahanan dan pengadaan alutsista, Kemhan Spanyol menawarkan kerja sama transfer of technical knowledge untuk sistem komunikasi yang dapat diintegrasikan pada kendaraan tempur Leopard dan Anoa. Untuk itu pihak Spanyol mengharapkan Kemhan RI dapat memfasilitasi perusahaan Nucleo Duro Defensa untuk melaksanakan presentasi di lingkungan Mabesad/Dithubad.

Selain itu, dalam peningkatkan kerja sama di bidang operasi dan latihan personel serta pemeliharaan Alutsista. Angkatan Darat spanyol memiliki pengalaman dalam mengoperasikan tank Leopard. Berkaitan dengan hal tersebut, Kemhan dapat saling berbagi terkait penanganan dan perawatan atau pemeliharaan.

Untuk itu, Menhan Prabowo menyoroti potensi kolaborasi Indonesia dan Spanyol dalam memperkuat kerja sama bilateral guna meningkatkan kemandirian pertahanan negara. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia