Menhan Prabowo Temui Menhan Jepang, Bahas Tambahan Kadet RI Pendidikan di Jepang dan Sejumlah Agenda

Rabu, 3 April 2024

Tokyo, Jepang – Setelah pertemuan dengan PM Jepang, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menuju Kementerian Pertahanan Jepang untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang H.E. Kihara Minoru, Rabu (3/4).

Dalam momen akrab tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan keinginannya kepada Menhan Kihara agar di masa yang akan datang jumlah kadet dari Indonesia semakin bertambah.

“Dulu saya bertemu Menhan Jepang dan meminta pengiriman kadet dari Indonesia. Dimulai dengan pengiriman dua orang. Setelah itu, saya meminta lagi jumlah pengiriman kadet Indonesia ke sekolah pertahanan Jepang hingga menjadi empat orang,” kata Menhan Prabowo.

“Saat ini saya ke Jepang, berharap ada penambahan jumlah pengiriman Kadet Indonesia lebih banyak lagi di masa mendatang,” sambungnya.

Menhan Prabowo menilai bahwa Kadet Indonesia yang telah bersekolah di Negeri Sakura (Jepang) berhasil dengan baik dan turut meningkatkan kualitas SDM pertahanan Indonesia.

Kedua pejabat juga bertukar pandangan mengenai masalah keamanan regional.

Dalam kesempatan itu Menhan Kihara menyatakan bahwa dirinya ingin menjaga dan mewujudkan  kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka atas dasar supremasi hukum bersama dengan Indonesia, karena Jepang dan Indonesia adalah negara maritim.

Dalam pertemuan ini, kedua Menhan juga membahas kerja sama pertahanan, baik dalam kerangka bilateral maupun multilateral. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia