Menhan Prabowo Temui PM Jepang di Tokyo, Bahas Peningkatan Kolaborasi

Rabu, 3 April 2024

Tokyo, Jepang – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri (PM) Jepang H.E. Fumio Kishida, di Ruang Pertemuan Kantor Perdana Menteri, Tokyo, Jepang, Rabu (3/4).

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo mengungkapkan keinginannya untuk bekerja sama khususnya terkait kerja sama pertahanan yang lebih mendalam antara Indonesia dan Jepang.

“Kedua negara telah membangun hubungan kerja sama yang baik sejauh ini, dan meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama guna mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan dan meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” tambah Menhan RI.

Sementara itu, PM Kishida berharap dapat memperdalam kolaborasi bilateral dengan Indonesia untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Kunjungan ini sangat menggembirakan. Jepang dan Indonesia telah berteman dekat sejak lama. Saya ingin (Jepang dan Indonesia) lebih meningkatkan kerja sama sebagai mitra yang berbagi nilai dan prinsip dasar,” ujar Kishida.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Delegasi Jepang dihadiri oleh Deputy Chief Cabinet Secretary Mr. Hiroshi Moria, Secretary General NSS Mr. Takeo AKIBA, Duta Besar Jepang untuk Indonesia H.E. Mr. Masaki Yasushi, Deputy Minister for Foreign Affairs Mr. Takehiro Funakoshi, DG South Asia Mr. Ryo Nakamura dan Vice Minister of Defense for International Affairs Mr. Kiyoshi Serizawa.

Sementara dari pihak Delegasi RI yaitu Dubes RI, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Kabais TNI, Kabaranahan Kemhan dan Athan RI di Tokyo. (Biro Humas Setjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia