Kemhan RI – Kemkeu RI – BPK RI Tandatangani Nota Kesepakatan Final Laporan Keuangan

Jumat, 12 April 2019

Jakarta – Bertempat di Aula M. Yusuf Pusku Kemhan, Jakarta berlangsung Penandatanganan Nota Kesepakatan Final (NKF) antara Kementerian Keuangan RI, Kementerian Pertahanan RI dan BPK RI tentang Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Audited T.A. 2018, Jumat (4/4).

Sebelum ditandatanganinya NKF, Kapusku Kemhan Marsma TNI Danang Hadiwibowo, S.E., M.M., mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan tim yang terlibat dalam pelaksanaan, penelusuran dan penelaahan sehingga didapat hasil yang diharapkan. Kapusku berharap laporan keuangan Kemhan/TNI T.A. 2018 untuk mendapatkan penilaian yang lebih baik.

Kepada unit organisasi Kapusku berharap jika masih ada kendala segera dikomunikasikan dengan tim. Pintu terbuka demi kesempurnaan laporan pertanggungajawaban

Sementara itu tim BPK yang diwakili Edi Witono, S.E., M.M., mengatakan bahwa tim berupaya untuk menyajikan laporan keuangan Kemhan/TNI yang lebih baik dari tahun lalu dengan meminimalisir permasalahan yang ada.

Sedangkan wakil tim Dit. Akutansi dan Pelaporan Keuangan (APK) Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI mengatakan ini merupakan tahap akhir dari siklus pengelolaan APBN yaitu pemeriksaan. Yang diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan penyusunan laporan keuangan.

Semua laporan keuangan K/L akan dikompilasi oleh Kemenkeu menjadi laporan keuangan pemerintah pusat. Mengingat jumlahnya yang signifikan, Laporan Keuangan Kemhan dapat mempengaruhi kualitas laporan pemerintah pusat. Sebagai contoh realisasi anggaran Kemhan

Proses rekonsiliasi merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam mendukung penyajian laporan keuangan Kemhan yang berkualitas, akuntabel dan transparan. Untuk dapat menyajikan data yang benar, sesuai dan valid dalam penyusunan laporan keuangan, telah diatur sebuah mekanisme rekonsiliasi, baik secara internal maupun eksternal dengan melibatkan pihak-pihak terkait.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia